Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Muncul Titik Baru, Asap Hitam Membumbung dari Area Pertamina Cilacap

Asap hitam masih membubung dari kawasan kilang Pertamina RU IV Cilacap, Sabtu (12/6/2021) pukul 15.45 WIB (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)

MURIANEWS, Cilacap – Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap mengkonfirmasi ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tadi malam.

Titik api tersebut bahkan memunculkan kepulan asap hitam yang membumbung tinggi ke angkasa. Kepulan asap tersebut juga bisa disaksikan langsung oleh masyarakat setempat.

General Manager (GM) Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Joko Pranoto mengatakan, tangki yang terbakar berada di area 39. Di area tersebut terdapat tujuh tangki dan yang terbakar semalam berada di area bundwall.

Bundwall itu pembatas dari tujuh tangki. Nah mucul apinya di antara tangki, dekat tangki 205,” kata Joko seperti dikutip Detik.com, Sabtu (12/6/2021).

Joko menjelaskan area yang terbakar tadi malam terjadi di area 39, tepatnya di sekitar tangki 205. Dia menyebut muncul titik api tambahan dari pipa keluaran di outlet nose flare tepatnya dari area 39 tangki 203.

“Pada saat proses pemadaman semalam muncul satu titik api lagi di flare outlet dari pipa keluaran dari tangki 203. Nah di situ muncul titik api yang sampai sekarang masih kita proses untuk pemadaman, sementara untuk pipa wall yang lainnya sekarang sudah padam sejak semalam. Saat ini yang terdampak hanya satu tangki,” jelasnya.

Pihaknya menerangkan jika sejak tadi malam sudah dilakukan pemadaman di titik api planwall di sekitar tangki 205. Hari ini pihaknya sedang fokus untuk memadamkan satu titik api yang ada di outlet tangki T203.

“Mohon doanya semua, teman-teman di lapangan sedang berjuang untuk bisa segera memadamkan. Untuk proses pemadaman kita juga di-support oleh Pertamina secara keseluruhan untuk membantu percepatan penanganan kejadian yang ada. Untuk kejadian saat ini masih dilakukan investigasi,” jelasnya.

Sementara itu, di lukasi, sekitar pukul 15.45 WIB kepulan asap hitam tampak mengarah ke barat. Kepulan asap tampak tebal dan terlihat ada kobaran api. Jika dibandingkan pagi pukul 08.45 WIB tadi kepulan asap tampak lebih tebal dan luas.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran di area kilang Pertamina itu terjadi Jumat (11/6/2021) pukul 19.45 WIB. Api bisa dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB.

“Sempat ada insiden kebakaran tangki di area kilang kami di RU IV Cilacap. Untuk sementara memang belum diketahui, tetapi ketika kejadian memang lokasi kondisi Cilacap saat itu hujan besar dan petir juga cukup bersahutan,” ujar Area Manager Communication, Relations, & CSR RU IV Cilacap Hatim Ilwan saat dihubungi wartawan, Jumat (11/6/2021) malam.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...