Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pura Grup Gelar Vaksinasi Covid-19, Sasar 3.000 Lansia dan Pra-Lansia

Seorang nakes tengah menyuntikkan vaksin ke peserta vaksinasi di Pura Grup. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menggandeng Pura Grup serta Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (IKASTARA) untuk melakukan vaksinasi pada 3.000 lansia dan pra-lansia di Kabupaten Kudus, Sabtu (12/6/2021).

Selain itu, tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Kumala Siwi juga dikerahkan untuk melakukan proses vaksinasi pada 3.000 sasaran vaksin tersebut.

“Pura memfasilitasi tempat, teman-teman alumni dan RS Kumala Siwi membantu tenaga kesehatannya, sementara vaksinnya dari Kementerian kesehatan,” kata Bupati Kudus HM Hartopo, usai pelaksanaan vaksin di Pura Terban, Sabtu (12/6/2021).

Pihaknya pun sangat mengapresiasi keterlebitan Pura dan pihak lainnya dalam mempercepat proses vaksinasi di Kudus. Sehingga capaian target vaksinasi bisa terlaksana.

Hartopo juga akan berkomunikasi dengan Kementerian kesehatan untuk kembali melakukan kegiatan yang sama dengan perusahaan besar lainnya. Seperti PR Sukun, Djarum, maupun Nojorono.

“Sehingga hal seperti ini tidak hanya sekali ini saja, jadi bisa bergantian di perusahaan lainnya,” ujar Hartopo.

Bupati Kudus HM Hartopo saat memberikan sambutan dalam proses vaksinasi Covid-19 di PT Pura. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

Sementara kepada semua pihak yang divaksin hari ini, Hartopo menegaskan vaksin bukanlah membuat seseorang kebal akan virus Covid-19. Melainkan hanya membantu tubuh membentuk antibodi guna melawan Covid-19.

“Sehingga ketika terkena, gejalanya tidak parah, itulah tujuan vaksinasi,” ujar dia.

Oleh karena itu, pihaknya berharap masyarakat mau dan tetap patuh akan penerapan protokol kesehatan yang ada. Dengan begitu penularan bisa semakin ditekan.

“Mulai memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, itu harus terus dilaksanakan,” jelasnya.

Sementara General Manager Pura Group Agung Subani menyatakan siap membantu pemerintah daerah dalam memerangi Covid-19 di Kudus. Salah satunya dengan percepatan vaksinasi Covid-19 di lingkungan perusahaan.

Agung merincikan, untuk 3.000 sasaran vaksin kali ini, terdiri dari 2.000 lansia dan seribu pralansia. Pelaksanaannya, akan dilakukan selama tiga hari mulai hari ini.

“Kami merespon dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya pada pemerintah, sehingga pelaksanaan vaksinasi ini bisa lebih baik,” jelas dia.

Menteri Kesehatan melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan dr Mohamad Subuh mengatakan, pelaksanaan pelayanan di sentra vaksinasi dapat dilakukan melalui kerja sama dengan TNI, Polri dan pihak-pihak lainnya yang berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Kami sangat menyambut baik adanya dukungan dari IKASTARA dan berharap melalui dukungan yang diberikan maka cakupan vaksinasi Covid-19 di Kudus dapat dicapai sesuai target yang ditentukan,” jelasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...