Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tidak Akan Dipecat FA Meski Gagal di Euro 2020, Gareth Southgate Lebih Ringan Siapkan Timnya

Southgate dan Kane dalam sesi latihan Tim Inggris.(dailymail.co.uk)

MURIANEWS, London- Pelatih Inggris Gareth Southgate dipastikan akan sedikit lebih ringan dalam menjalani tugasnya di Euro 2020. Mantan pemain Timnas Inggris ini mendapatkan kepastian tidak akan dipecat selepas turnamen, apapun hasil yang diraih Inggris.

Keputusan itu disampaikan FA Inggris, menjelang pertandingan Inggris Vs Kroasia di Grup B Euro 2020 yang akan digelar di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021) malam. Paling tidak kini Southgate menjadi salah satu pelatih ‘paling aman’ di Euro 2020.

Kabar ini setidaknya membuat Southgate akan lebih fokus dalam menyiapkan timnya menjelang pertandingan melawan Kroasia. Southgate yang saat ini berusia 50 tahun telah memberikan polesan akhir, dalam latihan timnya Sabtu (12/6/2021).

Kroasia bagaimanapun bukanlah lawan mudah bagi Inggris. Meskipun lebih difavoritkan, namun sebenarnya tidak ada yang berani menjamin sepenuhnya, jika Inggris pasti menang dari Kroasia.

Luca Modric dkk adalah tim yang menggagalkan ambisi Inggris di Piala Dunia 2018 lalu. Saat itu Kroasia menghancurkan impian tim Inggris. Fakta itu, jelas menjadi bayang-bayang yang tidak bisa disingkirkan.

Namun sekali lagi, dengan adanya komitmen FA yang akan mempertahankannya, Southgate setidaknya memiliki situasi psikologis lebih enteng. Bahkan, FA juga sudah menyatakan memiliki visi yang sama terkait Piala Dunia 2022.

Meski tetap bukan pekerjaan yang mudah, Southgate menargetkan bisa meraih kejayaan di Euro 2020 ini. Semua bagian timnya, sudah diminta untuk bisa membuktikan bahwa Tim Inggris adalah salah satu yang terbaik di dunia.

“Kami harus menunjukkannya. Turnamen ini adalah tentang mencapai bentuk pada waktu yang tepat dan kami harus membawa segalanya selama empat minggu ke depan. Para pemain ingin sepak bola mereka berbicara untuk mereka. Ini adalah momen dalam hidup kita yang merupakan kesempatan langka,” katanya, Sabtu (12/6/2021).

Menghadapi Kroasia, Southgate kemungkinan akan menurunkan Raheem Sterling di susunan pemainnya. Meski ‘kehilangan tempat’ di Manchester City, Steling sepertinya masih menjadi kesayangan Southgate.

Terakhir Southgate terlihat melakukan eksperimen dengan memainkan tiga bek dalam latihan timnya. Namun dirinya juga masih mempertimbangkan dengan serius penggunaan empat bek dalam formasi tim Inggris.

Dengan formasi yang menggunakan empat bek, maka Southgate bisa menurunkan tiga penyerang sekaligus. Mereka adalah Harry Kane, Mason Mount dan Sterling sendiri. Dengan konsekuensi Marcus Rashford, Phil Foden dan Jack Grealish akan di bangku cadangan.

Southgate juga menyatakan bahwa, bek tengah mereka Harry Maguire mengalami perkembangan bagus dalam pemulihan cideranya. Pihaknya optimis pemain ini bisa dimainkannya di pertandingan pertama Euro 2020.

“Dia berkembang dengan sangat baik. Ini masih ‘tembakan’ panjang (untuk Kroasia) tetapi kami memeriksa setiap hari dan dia lebih jauh di depan daripada yang dia kira. Kami tidak akan mengesampingkannya,” kata Southgate, Sabtu (12/6/2021).

Selaian Maguier, Inggris juga menghadapi ketidakpastian pada diri Jordan Henderson. Rencana Southgate bisa saja berubah setelah sesi latihan terakhir hari ini.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: dailymirror.co.uk

Comments
Loading...