Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sebagian Pasien Covid-19 dari Kudus Akan Dievakuasi ke Rumkitlap Vastenburg Solo

Kakesdam IV/Diponegoro Kolonel Ckm dr. Akhmad Rusli Budi (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURINEWS, Kudus – Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) TNI Angkatan Darat di Benteng Vastenburg Solo kini telah disiapkan untuk menampung pasien Covid-19 dari Kabupaten Kudus.

Teknisnya, pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang, akan dievakuasi ke rumah sakit lapangan dengan kapasitas 80 tempat tidur tersebut.

“Ini adalah pilihan yang terbaik. Kami minta masyarakat untuk tidak dilema, karena demi kebaikan bersama,”  ucap Kakesdam IV/Diponegoro Kolonel Ckm dr Akhmad Rusli Budi ketika dijumpai awak media usai pelaksanaan vaksinasi di PT Pura, Sabtu (12/6/2021).

Langkah tersebut, lanjut dia, diambil karena melihat kapasitas tempat tidur isolasi Covid-19 di semua rumah sakit rujukan di Kudus sudah terisi lebih dari 90 persen. Sehingga perlu penguraian pasien secepatnya.

“Rumah sakit lapangan akan diprioritaskan untuk warga Kudus, sehingga penguraian pasien ini bisa lebih cepat. Karena seharusnya, ketika keterisian sudah 80 persen, harus disiapkan tambahannya,” sambungnya.

Sementara untuk tenaga kesehatannya, lanjut dia, sudah tersedia 88 nakes dari TNI AD dan Dokkes dari kepolisian.

Kemudian untuk alat dan fasilitas lainnya, Rumkitlap dengan 20 tenda besar tersebut memiliki ruang isolasi dan ruang ICU Covid-19 yang terpisah. “Semua operasionalnya, akan ditanggung oleh Pemprov Jawa Tengah,” jelas dia.

Baca: Danrem Warastratama Pastikan Rumkitlap Benteng Vastenburg Solo Siap Tampung Pasien Covid Asal Kudus

Sementara Bupati Kudus HM Hartopo menyatakan segera mengirimkan proposal bantuan kepada pihak terkait untuk proses perbantuan Rumkitlap tersebut.

“Kami sudah ditawari ini, nanti akan kami ajukan proposalnya, sehingga bisa segera ditindaklanjuti,” ujar Hartopo.

Terkait teknisnya, pihaknya belum mengetahui secara pasti. Namun apabila Rumkitlap bisa dibawa ke Kudus maka akan dibangun di GOR atau tempat lainnya yang memungkinkan. “Segera kami koordinasikan ini,” jelasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...