Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Kudus Jenguk Warganya yang Isolasi di Donohudan, Pastikan SOP Isolasi Sesuai Prosedur

Bupati Hartopo saat memberi motivasi warga Kudus yang isolaso di Asrama Donohudan. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo mengunjungi dan meninjau perkembangan warganya di tempat isolasi terpusat di Gedung Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jumat (12/6/2021) malam.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya memastikan standar operasional prosedur (SOP) untuk menangani pasien isolasi mandiri terlah sesuai. Salah satunya, adanya tim medis yang khusus melayani warga yang isolasi dari Kudus. Setiap sif, kata dia, juga selalu tersedia dokter.

“Di sana juga ada grup WA yang dipantau langsung tim medis, sehingga penanganan dapat langsung dilakukan secara cepat dan tepat,” kata Hartopo.

Hartopo menyebut, tempat isolasi warga Kudus dan Solo Raya pun terpisah. Warga Kudus, lanjut dia, berada di Gedung Mekkah. Sementara warga Solo Raya berada di Gedung Medina.

“Kami sudah melihat sendiri bahwa pelayanan di Donohudan telah baik sesuai SOP,” kata dia.

Sementara terkait adanya warga Kudus yang meninggal saat isolasi di sana, Hartopo menegaskan itu bukan karena tim medis tak siaga. Melainkan karena kondisi rumah sakit rujukan di Solo yang penuh sehingga pasien tak bisa langsung dirujuk.

“Kebetulan rumah sakit di Solo juga over capacity, jadi agak sulit mencari rumah sakit. Saat ambulans sampai, kondisinya sudah meninggal karena saturasinya turun drastis,” jelas Hartopo.

Dalam kesempatan tersebut juga, Hartopo turut berkomunikasi dengan warganya di sana. Dirinya berpesan agar warga yang isolasi di Donohudan selalu berpikir positif. Apabila pikiran sudah positif, pihaknya yakin warga akan cepat sembuh.

“Pesan saya untuk warga yang di Donohudan, harus selalu dibawa bahagia, ujian ini datangnya dari Allah, jadi fokus suntuk berupaya sembuh dengan berpikir positif,” tandasnya.

Data hingga 11 Juni, Asrama Haji Donohudan telah menampung pasien Covid-19 dari Kabupaten Kudus sebanyak 514 orang. Dari jumlah itu yang telah dirujuk ke rumah sakit sekitar sebanyak tiga orang, dan telah dipulangkan sebanyak dua orang karena telah dinyatakan negatif Covid-19.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...