Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ali Mabkhout dan Fabio Lima ‘Ngedan’, Indonesia ‘Terlindas’ UEA 0-5

Ali Mabkhout, striker UEA dalam seragam klub Al-Jazira.( inews.id/AFC)

MURIANEWS, Dubai- Tim Indonesia gagal meraih kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Dubai. Pada pertandingan terakhir, Evan Dimas dkk kembali mengalami kekalahan telak.

Bertanding di Stadion Zabeel, Dubai melawan tuan rumah EUA (Uni Emirat Arab), Sabtu (12/6/2021) tengah malam WIB, Indonesia kalah 0-5 (0-2). Kekalahan ini menjadi kekalahan kedua bagi Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang digelar di Dubai.

Tim Nasional Indonesia, bermain tampil tidak sebagus saat mereka melawan Thailand dan Vietnam. Evan Dimas dkk terkesan bermain dengan tergesa-gesa dan tidak berani menguasai bola. Banyak kesalahan yang dilakukan mereka pada pertandingan kali ini.

UEA yang bermain sabar akhirnya mampu mencetak gol melalui striker ganasnya, Ali Mabkhout pada menit ke-22. Selanjutnya pada menit ke-28 giliran pemain ‘impor’ asal Brazil, Fabio Virginio de Lima menggandakan kedudukan.

Ketinggalan gol, pemain Indonesia masih mencoba mengejar ketinggalan. Mereka mencoba bermain lebih berani, dengan lebih bermain ke depan. Hasilnya, sempat membuat pemain UEA sedikit kelabakan.

Timnas Indonesia bahkan sempat mendapatkan peluang melalui tendangan pinalti yang didapatkan menyusul hands ball yang dilakukan pemain belakang UEA. Ini terjadi setelah Usaha Asnawi Mangkualam yang menusuk dari sisi kanan.

Namun Evan Dimas yang menjadi eksekutor gagal menuntaskannya menjadi gol pada menit ke-38. Tendangan mendatar yang dilepasnya masih bisa ditepis oleh penjaga gawang tuan rumah. Skore tidak berubah tetap 0-2 sampai babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua, para pemain UEA bermain lebih percaya diri. Mereka begitu tenang dalam bermain, dan sebaliknya para pemain Indonesia semakin tidak mendapatkan bentuk permainan terbaiknya.

Pada menit ke-49, striker mereka Ali Mabkhout kembali mencetak gol kali ini melalui tendangan pinalti. Hukuman ini dijatuhkan setelah pemain Indonesia melakukan upaya keras untuk menghentikan pergerakan Mabkhout di area pinalti Indonesia.

Berbeda dengan Evan Dimas, striker ganas milik UEA ini dengan mudah menaklukan kiper Indonesia. Skore-pun berubah menjadi 0-3 untuk keunggulan tuan rumah. Tidak cukup sampai disitu, pada menit ke-55 Fabio de Lima menyusul Mabkhout menciptakan gol kedua.

Tim Indonesia yang semakin tak jelas permainannya, lagi-lagi harus memungut bola dari dalam gawangnya. Pemain ‘import’ UEA yang lain Sebastian Tagliabue menciptakan gol pada menit ke-86. Gol ini terjadi melalui ketenangan dalam bekerjasama para pemain UEA.

Skore akhir tidak berubah 0-5 untuk kemenangan UEA. Indonesia yang ‘terlindas’ dalam pertandingan ini semakin terbenam di dasar klasemen Grub G. Sementara bagi UEA, hasil ini membuat mereka terus menguntit Vietnam di klasemen Grup .

UEA berhasil meraih nilai 15 hasil dari 5 kali kemenangan dan dua kali kalah di tujuh pertandingan. Sedangkan Vietnam masih berada di posisi teratas dengan nilai 17 hasil lima kali kemenangan dan dua kali imbang.

Pada pertandingan yang hampir bersamaan, di Stadion Al-Maktoum, Vietnam kembali meraih kemenangan dari Malaysia dengan skore 1-2. Vietnam berhasil mencetak gol melalui striker andalan mereka Nguyen Tien Linh pada menit ke-27 dan Que Ngoc Hai pada menit ke-83 lewat tendangan pinalti.

Malaysia sendiri sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-73 melalui tendangan pinalti yang dilakukan oleh Guilherme de Paula Luccrecio. Hasil ini membuat Malaysia tidak bisa mendekati UEA, dan tertahan di posisi ke-3 dengan poin 9, sama dengan yang diperoleh Thailand.

Pertandingan terakhir di Grub G akan mempertemukan Vietnam Vs UEA dan Malaysia VS Thailand. Sedangkan Timnas Indonesia yang sudah bermain 8 kali, dipastikan akan pulang lebih awal dari Dubai.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Dari berbagai sumber

Comments
Loading...