Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Setelah KSH, Giliran RS Mitra Bangsa Pati Over Kapasitas Pasien Covid-19

Kondisi di depan IGD RS Mitra Bangsa Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Setelah Rumah Sakit (RS) Keluarga Sehat Hospital (KSH) Pati yang sepekan lalu sudah mengalami over kapasitas pasien Covid-19, kini RS Mitra Bangsa juga mengalami hal yang sama. Bahkan hingga Jumat (11/6/2021), masih ada enam pasien Covid-19 yang masih berada di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Direktur RS Mitra Bangsa Suworo Nurcahyono mengatakan, kapasitas untuk kamar isolasi pasien Covid-19 semula ada 16 tempat tidur isolasi.

Karena jumlah pasien bertambah, kemudian ditambah menjadi 20, dan ditambah lagi menjadi 25 tempat tidur. Hingga saat ini pihaknya menyediakan total tempat tidur isolasi sebanyak 38 unit.

“Yang sudah terisi ada 37 tempat tidur, kemudian pasien Covid-19 yang masih menunggu di IGD ada enam orang. Sehingga total kamar isolasi sudah over kapasitas,” katanya.

ia juga menyebut, sebagian besar pasien Covid-19 yang di rawat di RS Mitra Bangsa tersebut adalah warga Pati. Bahkan dirinya juga turut membenarkan bahwa akhir-akhir ini memang sedang terjadi lonjakan kasus Covid-19.

“Dari jumlah pasien yang kami isolasi, semuanya adalah warga Pati. Sebelumnya memang ada dua yang merupakan warga Kudus, yang satu sudah pulang dan kini tinggal satu yang ada di kamar isolasi,” jelasnya.

Baca: RS KSH Pati Over Kapasitas Pasien Covid-19, Parkiran Ambulans Jadi Transit Darurat

Karena itu, pihaknya berencana akan menambah tempat tidur khusus untuk pasien Covid-19 ini sebanyak 32 unit tempat tidur isolasi. Menurutnya, hal ini sesuai dengan intruksi dari Pemerintah Kabupaten Pati agar masing-masing rumah sakit menambah tempat isolasi untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19.

Insyaallah pekan depan 32 tempat tidur untuk pasien Covid-19 sudah kami siapkan. Itu pun kami tidak mengadakan ruang baru, melainkan mengalihkan tempat tidur pasien biasa untuk dijadikan tempat isolasi,” terangnya.

Dia juga mengaku, sudah ada 13 tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar Covid-19 di RS Mitra Bangsa itu. Sehingga pihaknya meminta masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada, terutama agar selalu menaati protokol kesehatan.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...