Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Muncul Klaster Asrama Pelajar di Blora, Enam Orang Positif Covid

Sejumlah pelajar saat mendapatkan bimbingan hidup sehat dari tentara di Blora. (MURIANEWS/Nathan)

MURIANEWS, Blora – Kasus covid 19 di Blora masih terus terjadi. Kali ini enam orang dinyatakan positif Covid-19 pada klaster asmara pelajar yang terjadi di asmara SMP dan SMK Kristen, Kelurahan Tempelan, Blora.

Bidan Kelurahan Tempelan, Niken Permatasari mengatakan klaster asrama tersebut berawal ketika kepala asmara mengalami sakit lalu dilakukan swab PCR di RSU Soetijono, Blora.

“Ini pertama bapak asrama pak Lukas sakit diopname di RSU dan dua kali swab hasilnya positif,” ucap Niken, Kamis (10/6/2021).

Namun, sebelum masa isolasinya selesai, ia memilih pulang ke asmara. Setelah itu, ia mengeluh sakit lagi dan diopname ke Purwodadi. Tiga hari kemudian, kepala asrama tersebut meninggal dunia.

“Jadi untuk memutus rantai penyebaran, kita melakukan swab masal di semua anak panti dan guru di SMP Kristen,” katanya.

Berdasarkan swab PCR tersebut ditemukan enam orang positif Covid-19. “Jadi kemarin tanggal 3 Juni diadakan swab di asmara SMP dan SMK Kristen, dari 63 swab anak asmara dan guru, ditemukan enam kasus positif, yang di SMP satu orang dan yang di SMK Kristen lima orang,” terangnya.

Agar kondisi tersebut tidak menyebar ke lingkungan sekitar, maka pihak kesehatan kemudian melakukan antisipasi penyebaran virus Covid-19.

“Untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 kita dari pihak kesehatan bekerjasama dengan kelurahan memohon permohonan untuk melakukan penyemprotan disinfektan di semua wilayah di SMP dan SMK Kristen,” jelasnya.

Lebih lanjut, kegiatan yang ada di SMP dan SMK Kristen kemudian juga dihentikan untuk sementara waktu.

“Ya sementara dari kami pihak puskesmas memohon untuk sekolah sementara ditutup sampai isolasi selesai, swab tanggal 3 Juni masa isolasinya sampai tanggal 13 Juni,” ujarnya.

Berdasarkan monitoring data Covid-19 Kabupaten Blora, per tanggal 10 Juni 2021, terdapat 7.327 kasus positif. Dengan jumlah yang dinyatakan sembuh sebanyak 6.609 orang, meninggal sebanyak 383 orang, dirawat di rumah sakit sebanyak 66 orang, isolasi mandiri sebanyak 269 orang dengan total pemeriksaan swab sebanyak 29.799 orang.

 

Kontributor Blora
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...