Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Plasma Konvalesen Banyak Dibutuhkan, Namun di Kudus Masih Sepi Pendonor

PMI Kudus menggelar donor darah belum lama ini.(MURIANEWS/ Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Palang Merah Indonesia (PMI) Kudus terus berupaya melakukan pendataan bagi penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasma Konvalesen. Namun, sejauh ini pendonor plasma konvalesen di Kudus masih sepi.

PMI Kudus sedianya hanya sebagai fasilitator bagi masyarakat Kudus, dengan pihak PMI Kota Semarang sebagai eksekutornya. Sebab, untuk kegiatan donor plasma Konvalesen, PMI Kudus masih belum memiliki fasilitas penunjangnya.

“Bisa dibilang sepi. Kami belum mendapatkan penyintas Covid-19 yang baru sembuh dua pekan. Kami juga bingung karena permintaan plasma Konvalesen sangat banyak,” kata Kepala Unit Donor Darah PMI Kudus, dr Arief Adi Saputro, Kamis (10/6/2021).

Sejauh ini data yang masuk di PMI Kudus hanya data penyintas Covid-19 yang sudah sembuh dari Covid-19 selama tiga bulan. Padahal, menurutnya plasma konvalesen lebih efektif ketika diambil dari penyintas yang baru sembuh dua pekan.

“Kami inginya mencari yang dua minggu baru sembuh. Dan kami belum menemukan. Mungkin masyarakat takut atau apa saya tidak tahu,” terangnya.

PMI Kudus sendiri sudah melakukan kegiatan pendataan sejak Februari 2021 lalu. Namun, peminat pendonor plasma Konvalesen belum signifikan.

“Keluarga pasien yang di Kudus banyak yang tanya juga. Kami PMI Kudus hanya bisa mendata saja. Dari masyarakat Kudus nanti kami arahkan ke PMI Semarang,” terangnya.

Meski demikan, PMI Kudus juga masih berupaya untuk menjalin komunikasi dengan rumah sakit di Kudus dan puskesmas di Kudus jika ada penyintas yang berminat mendonorkan plasma Konvalesen.

Beberapa kriteria pendonor plasma Konvalesen dijelaskan oleh Arief. Boleh dari jenis kelamin laki-laki atau perempuan, berumur 18 tahun sampai 60 tahun, berat badan minimal 55 Kilogram, pernah terpapar Covid-19, tidak memiliki gejala, dan sudah senbuh dari Covid-19 rentang dua pekan hingga 12 pekan.

Kemudian juga harus dipastikan tidak memiliki komorbiditas seperti diabetes, hepatitis, jantung, dan penyakit penyerta lainnya. Lebih khusus memiliki titer antibodi mininal 1/160.

Bagi masyarakat yang berminat dapat mengakses link via google form bit.ly/2NU10Z5. Selain itu bisa juga dengan langsung menghubungi PMI Kudus.

“Harapan kami PMI Kudus bisa membantu data masyarakat untuk menolong pasien yang dirawat di rumah sakit di Kudus. Dan masyarakat berkenan untuk mendonorkan plasma Konvalesen,” harapnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

Comments
Loading...