Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemkab Kudus Evaluasi Kriteria Pasien Covid-19 yang Akan Dirujuk ke Donohudan

Seorang nakes tengah membantu pasien OTG Covid-19 berjalan untuk segera diberangkatkan ke Donohudan (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus berjanji akan segera mengevaluasi kriteria pasien-pasien Covid-19 yang akan dirujuk ke tempat isolasi terpusat di  Asrama haji Donohudan, Boyolali.

Hal tersebut dilakukan menyusul adanya satu pasien Covid-19 asal Kudus yang meninggal dunia di sana setelah dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Solo. Pasien tersebut, diketahui berusia 63 tahun dan berasal dari Desa Mlati Lor, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

“Meninggalnya di Rumah sakit rujukan di sana, bukan di asramanya. Usianya 63 tahun dan dimungkinkan memiliki komorbid,” ujar Masud, Kamis (10/6/2021)

Pemkab, lanjut Masud, sebenarnya telah mengevaluasi Standart Operasional Prosedur (SOP) untuk kriteria pasien yang bisa diberangkatkan ke Donohudan. Seperti melarang ibu hamil melakukan isolasi terpusat di sana.

Namun, memang belum ada poin yang mengatur batasan usia pasien Covid-19 yang bisa diisolasi di Donohudan.“Kami sebenarnya telah mengevaluasi, kejadian seperti ini tentu jadi rujukan kami untuk kembali mengevaluasi SOP-nya,” tambah Masud.

Walau demikian, ada kriteria di mana disebutkan jika pasien yang diperbolehkan dibawa ke Donohudan adalah pasien tanpa gejala ataupun bergejala ringan yang bisa mengurusi diri sendiri.

Ketika pasien tersebut bergejala ataupun tak bergejala namun tidak mampu mengurusi diri sendiri, maka akan dibatalkan keberangkatannya.“Nanti akan kami coba melakukan skrining dengan poin ini,” kata dia.

Pihaknya pun memastikan semua lini masih berupaya semaksimal mungkin dalam menangai kasus Covid-19 di Kudus ini. Oleh karena itu, pihaknya juga turut meminta partisipasi masyarakat dalam pencegahan penularan Covid-19.

Yakni dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta tetap patuh pada penerapan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...