Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Satu Pasein Covid-19 Kudus di Asrama Haji Donohudan Meninggal Dunia

Mobil ambulans yang mengangkut pasien positif Covid-19 dari Kudus memasuki Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Minggu (6/6/2021) malam. (Solopos.com)

MURIANEWS, Kudus – Seorang pasien Covid-19 asal Kabupaten Kudus yang dibawa ke Asrama haji Donohudan Boyolali untuk menjalani isolasi terpusat, meninggal dunia pada Kamis (10/6/2021).

Pasien, diketahui berusia 63 tahun dan berasal dari Desa Mlati Lor, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Jenazah pasien, kini tengah dibawa pulang dan akan diurus oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus untuk segera disemayamkan.

Pelaksana harian (Plh)  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Masud, ketika dikonfirmasi menjelaskan, sebelum meninggal pasien sempat dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Solo untuk mendapatkan perawatan.

“Yang bersangkutan meninggal di rumah sakit, karena umurnya sudah 63 tahun, dimungkinkan memiliki komorbid, kami belum mendapat data terbaru,” ucap Masud, Kamis (10/6/2021).

Atas kejadian ini, pihaknya pun akan kembali mengevaluasi standart operasional prosedur (SOP) pasien OTG Covid-19 yang bisa dirujuk ke Donohudan. Dengan harapan tidak terjadi kasus seperti ini lagi.

“Kami akan coba evaluasi kembali, bagaimana baiknya agar ini tak terjadi lagi,” jelasnya.

Sementara hingga Rabu petang, jumlah pasien OTG Covid-19 asal Kudus yang dirujuk ke Asrama haji Donohudan Boyolali ada sebanyak 429 orang. Sebelas di antaranya kini dirujuk ke rumah sakit setempat karena kesehatannya.

“Termasuk yang meninggal itu tadi,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya, Bupati Kudus HM Hartopo menyatakan pasien isolasi mandiri akan dikumpulkan dan diisolasi secara terpusat. Instruksi tersebut, merupakan arahan dari hasil rapat terbatas bersama Kapolri, Panglima TNI, dan Ketua Satgas Covid-19 Nasional.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo menjelaskan, Asrama Haji Donohudan mempunyai kapasitas tampung sebanyak 800-an orang. Yang sudah terisi kini ada sekitar 109 warga dari Solo dan sekitarnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...