Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pasien Covid Asal Kudus di Donohudan yang Dirujuk ke RS Bertambah, Total 12 Orang

Mobil ambulans yang mengangkut pasien positif Covid-19 dari Kudus memasuki Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Minggu (6/6/2021) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

MURIANEWS, Boyolali – Pasien Covid-19 asal Kudus yang menjalani perawatan di Asrama Haji Donohudan kembali dirujuk ke rumah sakit. Total, hingga Rabu (9/6/2021) sudah ada 12 pasien yang dirujuk karena mengeluh sakit dan memiliki komorbit.

Dokter penanggung jawab pusat isolasi Asrama Haji Donohudan, Sigit Armunanto, mengatakan 12 pasien tersebut dirujuk ke beberapa rumah sakit rujukan.

“Mereka tersebar di RSUD dr Moewardi Solo, RSJD, dan Rumah Sakit Tentara. Total 12 pasien dari Kudus semua,” katanya seperti dikutip Solopos.com.

Ia menyebutkan total jumlah pasien positif Covid-19 di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, ada 482 orang. Mereka terdiri atas 190 pasien dari Soloraya dan 302 pasien positif Covid-19 dari Kudus.

Menurutnya sejumlah pasien tersebut harus dirujuk ke rumah sakit karena ada keluhan sakit. Ada yang hipertensi, ada yang kondisinya lemah, dan ada juga yang tengah hamil.

Ia berharap dengan dirujuknya pasien-pasien tersebut ke rumah sakit bisa segera mendapat penanganan sehingga tidak terjadi perburukan. Sebab sejak awal untuk Asrama Haji Donohudan memang hanya untuk isolasi orang tanpa gejala (OTG).

Sebelumnya diberitakan, Asrama Haji Donohudan Boyolali awalnya merupakan lokasi isolasi terpusat unyuk menampung pasien-pasien OTG dari wilayah Soloraya.

Namun karena adanya lonjakan jumlah pasien positif Covid-19 di Kudus, lokasi tersebut kini juga merawat pasien dari kabupaten tersebut. Bahkan jumlah pasien dari Kudus dimungkinkan bisa kembali bertambah.

Komandan Korem 074/Warastratama, Kolonel Inf Deddy Suryadi, mengatakan pada hari itu direncanakan ada lagi pasien asal Kudus yang akan dibawa ke Asrama Haji Donohudan.

Namun untuk jumlahnya ia belum dapat memastikan. “Rencananya ada dari Kudus, tapi belum diketahui berapa jumlahnya,” katanya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...