Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

125 Pasien Covid-19 dari Kudus Kembali Diberangkatkan, Total Ada 429 Isolasi di Donohudan

Pemberangkatan kloter kelima sebanyak 125 pasien Covid-19 menuju Asrama Haji Donohudan. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 125 pasien Covid-19 dari Kudus kembali diberangkatkan menuju ke tempat isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Rabu (9/6/2021) malam.

Hingga saat ini, sudah sebanyak lima kloter rombongan pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) sudah diberangkatkan menuju ke tempat isolasi terpusat tersebut.

“Kami berangkatkan 125 warga terkonfrimasi positif, yang terdiri dari 61 laki-laki dan 64 perempuan. Tadi juga ada anak-anak yang usianya sudah bisa mandiri kami berangkatkan,” kata Mas’ut, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus.

Secara keseluruhan, lanjut Mas’ut, sudah ada sebanyak 429 pasien Covid-19 yang menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Sebelum pemberangkatan, Satgas Covid-19 Kabupaten Kudus juga melakukan skrining. Hasilnya, ditemukan satu pasien yang kondisinya tidak baik dan harus dirujuk ke rumah sakit.

“Masih tiga orang di Rusunawa. Satu orang kami rujuk ke RSUD Loekmono Hadi, lainnya kami isolasikan terpusat di Rusunawa. Ada juga beberapa yang negatif yang kami pulangkan,” ucapnya.

Pihaknya mengupayakan sebanyak-banyaknya akan memberangkatkan warga yang terkonfirmasi positif dan melakukan isolasi mandiri menuju tempat isolasi terpusat. Dengan prioritas jangka waktu isolasi mandirinya masih panjang.

“Yang OTG belum ada tujuh hari (isolasi mandiri), kalau yang bergejala ringan 11 hari. Hari ini juga tidak ada ibu hamil yang kami berangkatkan, karena masuk dalam kategori risiko tinggi. Sesuai persyaratan ibu hamil tidak diperbolehkan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menyebut, manakala Asrama Haji Donohudan sudah penuh, Pemerintah Provinsi Jateng sudah menyiapkan tempat isolasi terpusat lain, di Diklat Provinsi yang ada di Srondol, Kota Semarang.

“Kami masih belum dibatasi, target yang disampaikan masih menerima sampai sebanyak 700 orang, dan pemerintah provinsi juga sudah menyiapkan Diklat di Srondol,” pungkasnya.

Rincian Pemberangkatan Pasien Covid-19 Kudus
ke Donohudan hingga Rabu (9/6/2021):

KLOTER WAKTU PEMBERANGKATAN JUMLAH PASIEN
1. Minggu (6/6/2021) malam 69 orang
2. Senin (7/6/2021) siang 23 orang
3. Senin (7/6/2021) sore 124 orang
4. Selasa (8/6/2021) sore 88 orang
5. Rabu (9/6/2021) malam 125 orang
Total 429 orang

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...