Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Antisipasi Lonjakan Kasus di Jepara, Puskesmas Diharuskan Siapkan Ruang Isolasi

Ruang isolasi pasien Covid 19 di rumah sakit di Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Jepara mengintruksikan agar semua Puskesmas menyiapkan ruang khusus untuk mengisolasi pasien yang terpapar virus itu.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 sekaligus Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, Muh Ali menyatakan, langkah tersebut dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Mengingat, dalam sepekan terakhir angkanya terus meningkat. Melihat data di situs resmi corona.jepara.go.id, saat ini jumlah kasus aktif mencapai 1.274.

“Baru tadi pagi kami sampaikan kepada teman-teman di Puskesmas. Misalnya kalau tiap Puskesmas menyiapkan dua (tempat tidur-red) berarti sudah ada tambahan 28 tempat tidur (isolasi),” ujar Muh Ali, Rabu (9/6/2021).

Ia menyebut, kini ada 14 Puskesmas rawat inap di Jepara. masing-masing Puskesmas sedikitnya menyiapkan dua tempat tidur khusus pasien Covid-19.

Pihaknya mengaku, saat ini tempat tidur pasien Covid-19 di seluruh rumah sakit di Jepara terisi penuh. Penambahan tempat tidur pasien Covid-19 juga telah dilakukan sejumlah rumah sakit. Pemerintah kabupaten juga telah menyiapkan lokasi isolasi terpadu di tiga titik.

Terkait dengan tenaga kesehatan (nakes) untuk ruang isolasi pasien Covid-19 tambahan, jumlah nakes saat ini masih cukup. Meski, puluhan nakes di Jepara saat ini tengah melakukan isolasi mandiri.

“Kami belum ada rencana (meminta bantuan nakes) yang ada saat ini masih cukup. Tapi kami akan rekrut perawat-perawat yang baru lulus untuk nanti ditempatkan di isolasi terpadu BLK (Balai Latikan Kerja),” terang Muh Ali.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...