Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Retribusi Pasar Kliwon Kudus Sudah Terkumpul Rp 1,07 Miliar, Targetnya Rp 2,3 Miliar

Pengunjung keluar dari Pasar Kliwon Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pencapaian retribusi Pasar Kliwon Kudus per Mei 2021 baru tercapai Rp 1,07 miliar. Restribusi dari Pasar Kliwon tahun ini ditarget Rp 2,3 miliar.

Koordinator Pasar Kliwon, Sugito mengaku tetap optimistis untuk mencapai target Rp 2,3 miliar di akhir tahun ini. Salah satunya dengan mengoptimalkan e-Retribusi.

Menurutnya, pencapaian sementara ini sejumlah Rp 1,07 miliar dirasa sudah baik. Sebab, dalam sebulan jika dirata-rata retribusi Pasar Kliwon mampu mengumpulkan Rp 200 juta. Terlebih sejak 2019 di Pasar Kliwon sudah menggunakan e-Retribusi.

“Kami tetap optimistis. Karena sudah menggunakan e-Retribusi. Sehingga lebih tertata dan kalau pedagang belum membayar e-Retribusi akan kelihatan di sistem. Sehingga masuknya piutang dan harus dibayar,” katanya, Rabu (9/6/2021).

Menurutnya saat ini dengan adanya e-Retribusi bisa lebih tertata secara sistem. Sehingga bisa diketahui pedagang mana yang belum membayar. Lewat sistem e-Retribusi itulah nantinya pihak Pasar Kliwon berupaya untuk memenuhi target sebesar Rp 2,3 miliar tahun ini.

Menurutnya saat ini tagihan rutin terus dilakukan lewat e-Retribusi. Jumlah retribusi untuk kios, los, dan ruko berbeda setiap harinya.

Tarif retribusi bagi kios dan ruko dikenai nominal Rp 200 per meter persegi per hari. Kemudian untuk barang yang ditinggal di kios dikenai biaya Rp 100 meter persegi per hari. Sedangkan untuk sampah per unit di tiap-tiap kios dikenai retribusi Rp 300.

Sedangkan biaya retribusi los Rp 150 per meter persegi per hari. Lalu ditambah dengan retribusi barang yang ditinggal per hari dan biaya retribusi sampah Rp 100.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...