Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Negara Kecil Curacao Bersama Patrick Kluivert Buka Peluang ke Qatar 2022

Patrick Kluivert, pelatih Curacao. (mundodeportivo.com/Pere Punti)

MURIANEWS, Curacao- Tim Nasional Negara Kepulauan Curacao membuka peluang untuk bisa tampil di Qatar 2022. Negara kecil bekas jajahan Belanda yang terletak di wilayah Kepulauan Karibia ini, diluar dugaan mampu keluar sebagai juara grup C Zona Cocacaf.

Pada pertandingan terakhir yang menentukan melawan Guatemala, di Curacao, mereka mencetak hasil imbang 0-0. Hasil ini membuat mereka sama-sama memiliki poin 15, namun dengan selisih satu gol, mereka berhak menjadi satu tim yang akan maju ke babak selanjutnya menuju Qatar 2022.

Setelah menyelesaikan semua pertandingan di Grup C Zona Concacaf, Curacao mampu mencetak 15 gol. Sedangkan Guatemala yang menjadi pesaingnya mencetak 14 gol. Dengan jumlah gol ini Curacao berhak mewakili Grup C Zona Concacaf maju ke babak selanjutnya.

Timnas Curacao sendiri saat ini ditangani oleh mantan bintang Belanda Patrick Kluivert. Sejak meninggalkan jabatannya di staf klub Barcelona, Kluivert memang pergi untuk menerima tawaran Curacao sebagai pelatih.

Sejak menangani tim negara yang pernah menjadi jajahan Belanda ini, Curacao berhasil menunjukan prestasi siginifikan dalam sepak bolanya. Di Kualifikasi Grup C Zona Concacaf, Curacao berhasil meraih empat kali menang dan sekali imbang.

Saingan mereka adalah Guatemala, yang sejauh ini dikenal memiliki tradisi sepak bola lebih bagus dibanding Curacao. Mereka sama-sama memiliki poin identic di akhir penyisihan Grub C, namun Curacao lebih beruntung dengan satu gol lebih baik dibanding Guatemala.

Pada pertandingan terakhir di Stadion Hergilio Hato, Curacao kedua tim bermain imbang. Hasil ini telah cukup membuat Kluivert dan para pemainnya lega, karena bisa melanjutkan ke babak selanjutnya menuju Qatar 2022.

Dalam pertandingan grup sebelumnya, Guatemala mengalahkan Kuba 1-0, Kepulauan Virgin Inggris 0-3 dan Saint Vincent dan Grenadines 10-0, sementara Curaçao mengalahkan tim-tim tersebut masing-masing 2-1, 5- 0 dan 8-0.

Guatemala telah mencoba sejak 1950-an untuk lolos ke Piala Dunia. Namun sejauh ini mereka hanya mampu mencapainya untuk kategori dibawahnya, yakni Piala Dunia U-20 Tahun 2011 di Kolombia.

Curacao sendiri, pada Kualifikasi Piala Dunia 2020 mengandalkan pemain-pemain dari Divisi I dan Divisi II Liga Belanda. Sebagian besar pemain mereka berlaga di kasta ke-2 dan ke-3 di Liga Belanda. Namun hasilnya cukup memuaskan Kluivert sejauh ini.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: mundodeportivo.com

Comments
Loading...