Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hasil Swab Ulang Sudah Negatif, 33 Pasien Covid-19 di Kudus Tak Jadi Diberangkatkan ke Donohudan

Pasien Covid-19 melakukan sujud syukur setelah dinyatakan negatif dan diperbolehkan pulang. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 33 pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan sebelumnya sudah menjalani isolasi mandiri tak jadi diberangkatkan ke tempat isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Selasa (8/7/2021) petang.

Mereka tidak jadi diberangkatkan lantaran hasil swab antigen terbarunya sudah menunjukkan hasil negatif Covid-19. Hal tersebut diketahui setelah mereka dibawa ke Rusunawa dan dilakukan test ulang, lantaran tak membawa surat keterangan hasil tes swab.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Mas’ud mengatakan, sebenarnya secara keseluruhan pasien yang sudah disisir dan dievakuasi oleh Satgas Covid-19 dari desa atau kelurahan saat pemberangkatan di Rusunawa kemarin sore ada 121 pasien.

Namun, bagi yang belum membawa hasil bukti swab PCR, kembali diswab antigen ulang di Ruspasien

“Hasilnya, ada 33 yang ternyata negatif, sehingga yang kami berangkatkan (ke Donohudan) hanya 88 pasien,” katanya.

Mereka yang tidak jadi diberangkatkan diperbolehkan untuk kembali ke rumah masing-masing. Tapi, mereka harus tetap melanjutkan isolasi mandiri yang sudah dilakukan sampai waktu yang sudah ditentukan.

Sementara Sekretaris Kecamatan Kota Sancaka Dwi Supani menjelaskan, Satgas Covid-19 Kecamatan Kota sendiri, sebelumnya membawa 22 pasien untuk dibawa ke tempat isolasi terpusat.

Enam pasien di antaranya menunjukkan hasil negatif dan diperbolehkan untuk pulang setelah dilakukan swab antigen ulang.

“Tapi isolasinya mereka harus diselesaikan dulu, tetap dari Satgas memantau. Tidak enak-enakan bisa langsung ke luar rumah. Isolasi mandirinya harus tuntas,” jelasnya.

Terpisah salah seorang yang dinyatakan negatif, Yohanes Sitorus mengaku sangat senang dan bersyukur lantaran hasil swab terbarunya sudah menunjukkan hasil negatif. Menurutnya, isolasi mandiri di rumah masih akan terus dilanjutkan sesuai ketentuan.

“Tapi masih tetap isolasi mandiri di rumah sampai tanggal 14 Juni 2021. Perasaan saya ya alhamdulillah sudah negatif ini sudah semangatlah,” ucap warga Desa Purwosari, Kecamatan Kota itu dengan raut muka sumringah.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...