Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

SEA Games Terancam Tertunda? Indonesia Tetap Inginkan Sesuai Jadwal Semula

SEA Games Vietnam 2021. (Grafis Yusuf/Skor.id)

MURIANEWS, Jakarta- Pandemic Covid-19 yang hingga saat ini masih terjadi di seluruh dunia, juga berimbas ke sejumlah agenda olahraga. Kabar terakhir, gara-gara penyebaran virus ini, gelaran SEA Games di Vietnam diisukan akan mengalami penundaan.

Kabar ini langsung mendapatkan tanggapan dari Indonesia yang akan menjadi salah satu peserta dalam pesta olahraga multievent se Asia Tenggara ini. National Olympic Committee (NOC) Indonesia menyatakan tetapa akan mendorong, pelaksanaan SEA Games tidak keluar dari rencana semula.

Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, menyatakan, Indonesia tidak ingin pesta olahraga dua tahunan untuk bangsa-bangsa di Asia Tenggara ini tertunda. Indonesia mendesak agar jadwal pelaksanaan yang sudah ditetapkan pada 21 November – 2 Desember 2021, tetap menjadi komitmen bersama.

“NOC Indonesia bersama dengan NOC lainnya di ASEAN (Asia Tenggara) sepakat untuk tidak menunda SEA Games 2021 karena beberapa alasan,” ujar Raja Sapta Oktohari, Selasa (8/6/2021).

Masalah anggaran, yang menyajikan tantangan dalam hal mekanismenya, dialami oleh semua negara yang akan berpatisipasi. Ini menjadi salah satu alasan yang dikemukakan Indonesia terkait hal ini. Selain itu, banyaknya agenda olahraga pada tahun 2021 juga menjadi pertimbangan lainnya.

Tahun 2021 akan ada beberapa agenda olahraga yang harus dijalani oleh negara-negara yang terlibat. Diantaranya adalah Asian Indoor and Martial Art Games (AIMAG) dan Asian Games. Dua agenda olahraga ini juga merupakan event penting yang harus disiapkan oleh masing-masing negara.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) NOC Indonesia, Ferry Kono menyebutkan aka nada pertemuan secara daring antara perwakilan NOC di Asia Tenggara untuk membahas masalah ini. Isu penundaan SEA Games akan dibahas secara serius dalam pertemuan pada Rabu (9/6/2021) besok.

Ferry Kono menegaskan, dalam pertemuan daring ini, Indonesia tetap akan menyampaikan sikap semula. Indonesia tetap akan meminta agar SEA Games edisi ke-31 tetap dilaksanakan sesuai jadwal semula.

“Kalau dari kami [Indonesia] sudah final [tidak ada penundaan SEA Games 2021],” ujar Ferry Kono.

Sementara ini, juga sudah ada usulan untuk mengantisipasi dampak pandemic covid-19 terhadap keberlangsungan SEA Games 2021. Singapura sudah menyampaikan usulan kemungkinan SEA Games digelar di beberapa negara sekaligus.

Dengan demikian, bisa dilakukan upaya penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat. Usulan Singapura ini juga diikuti kesediaan mereka untuk menjadi tuan rumah pendamping bagi Vietnam yang sudah ditunjuk menjadi tuan rumah.

Usulan Singapura ini, juga akan dibahas dalam pertemuan daring pada Rabu (9/6/2021). Sebelumnya, Menteri Olahraga Singapura, Lim Teck Yin, mengutarakan wacana itu sebagai bagian dari jalan keluar yang mungkin diambil jika masalah pandemic covid-19 menjadi pertimbangan.

“Kami siap menyelenggarakan SEA Games pada akhir tahun ini jika diperlukan.Saya berharap ASEAN memiliki solusi untuk SEA Games tahun ini agar tetap bisa dilaksanakan sesuai jadwal,” kata Lim seperti direlease media-media di Singapura.

Penulis: Budi erje
Editora: Budi erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...