Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Penasaran dengan Bakso Horog-Horog?, Katanya Bikin Ketagihan

Warga menikmati bakso horog-horog. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Horog-horog merupakan kuliner khas Jepara yang terbuat dari tepung aren. Lalu bagaimana jika kuliner tradisional ini dikombinasikan dengan bakso?.

Tak perlu ke Jepara untuk menikmatinya. Di Kabupaten Kudus pun bisa ditemui di Jalan Lingkar Panjang depan United Futsal, Kudus. Konsumen disuguhkan menu kuliner bakso yang dicampur dengan horog-horog.

Di warung bakso milik Subchan itu menyuguhkan beragam menu yang bisa dikombinasikan dengan horog-horog.

“Memang saya pilih bakso horog-horog karena unik dan klasik. Apalagi di Kudus kan belum ada. Hal ini untuk menarik pasar, apalagi di era media sosial ini masyarakat cari yang aneh-aneh,” kata Subchan, Selasa (8/6/2021).

Menu bakso horog-horog yang siap dihidangkan. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

Pemuda yang tinggal di RT 04, RW 03, Desa Panjang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus itu mengaku memiliki ide mengkombinasikan bakso dengan horog-horog karena terinspirasi dari saudaranya.

“Saudara saja bisa membuat horog-horog. Selain itu di Pecangaan Jepara ada pecel horog-horog dan bakso horog-horog. Dari situlah saya coba buka di Kudus bakso horog-horog. Apalagi orang Kudus suka juga dengan horog-horog,” terangnya.

Kombinasi rasa horog-horog yang khas, dengan bakso yang gurih bisa menjadikan dua kuliner ini bisa menyatu.

Bahkan menurut penjualnya, pembeli yang sudah merasakan mengaku ketagihan. “Biasanya yang sudah makan di sini minta bungkus juga,” terangnya.

Subchan biasa membuka warung baksonya setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 21.00 WIB. Dalam sehari, dia mampu menjual 100 hingga 125 porsi bakso horog-horog. Jika sedang ramai seperti akhir pekan, dia mampu menjual 200 hingga 300 porsi per harinya.

“Kalau akhir pekan ramai. Menurut saya karena warga Kudus memang suka horog-horog juga. Kemudian kalau mau beli bakso horog-horog di Jepara kejauhan. Sehingga memilih beli di sini,” ujarnya.

Subchan menyampaikan horog-horog memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan. Sebab, horog-horog memiliki kadar gula yang rendah.

“Bagus untuk kesehatan karena horog-horog kadar gulanya rendah. Kalau pembeli ke sini mau beli horog-horog saja boleh. Satu potongnya Rp 2 ribu,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...