Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Saat Usianya Sudah Mulai Senja, Apa yang Bisa Dilakukan Cristiano Ronaldo Di Euro 2020?

Cristiano Ronaldo, masihkah mampu bersinar di Euro 2020?. (cnnindonesia.com/(REUTERS/Pascal Rossignol).

MURIANEWS, Jakarta- Cristiano Ronaldo, bintang sepak bola dunia, akan turun di Euro 2020 . Kapten Tim Nasional Portugal ini masih akan menjadi andalan bagi timnya, kendati usianya mulai ‘menyenja’, 36 tahun.

Namun demikian, kualitasnya yang hingga kini masih konsisten tetap menempatkannya sebagai salah satu pemain yang bisa bersinar di turnamen terbesar di Eropa ini. Bahkan di usianya saat ini, Ronaldo masih berpotensi memecahkan beragam rekor ketika kembali berjersey Portugal di Euro 2020 ini.

Ronaldo dan Portugal merupakan kampiun Euro sebelumnya. Sebagai salah satu mega bintang yang ikut bermain, pemain ini berpotensi menciptakan rekor-rekor baru. Selain tentu saja, bisa ikut mempertahankan gelar bagi Portugal.

Sejauh ini, Ronaldo tercatat sebagai satu-satunya pemain yang tampil di lima kali gelaran Euro. Ronaldo memulai keikutsertaannya di Euro pada 2004 saat usianya masih 19 tahun. Selanjutnya pemain ini terus menjadi adalan bagi Portugal di Euro, sampai Euro 2020 ini.

Saat Portugal memulai pertandingan pertama Euro 2020, maka Ronaldo sudah akan memecahkan rekor dari 17 pemain yang telah bermain di 4 Euro sebelumnya. Pemain-pemain itu diantaranya adalah Lothar Mattheaus dari Jerman dan Peter Schmeichel dari Denmark.

Sejauh ini Ronaldo sudah mencetak 9 gol di Euro, dengan rincian dua gol di Euro 2004, Satu gol 2008, dan masing-masing tiga gol di Euro 2012 dan 2016. Jika Portugal bisa bermain sampai final dan Ronaldo bisa terlibat di dalamnya di Euro 2020 ini, maka dia akan mencatat 63 pertandingan Euro.

Itu akan menjadi sebuah rekor baru yang bisa dicatatkan oleh Ronaldo, dan mematahkan rekor yang dibuat Buffon selama ini. Hanya cidera dan larangan bermain, serta hasil pertandingan Portugal yang bisa menghalangi pemecahan rekor ini.

Saat ini terdapat tujuh pemain yang sudah mencetak hattrick di sebuah pertandingan di Euro, yakni Dieter Muller, Klaus Allofs, Michel Platini, Marco van Basten, Sergio Conceicao, Patrick Kluivert, dan David Villa. Rekor ini tidak menutup kemungkinan bisa dipecahkannya.

Sepanjang kariernya, Ronaldo sering menciptakan hattrick atau bahkan quattrick, termasuk ketika membela Portugal. Sejauh ini dirinya sudah tujuh kali mencetak hattrick dan dua kali melesakkan quattrick.

Hattrick dan Quattrick terakhir Ronaldo ketika membela Portugal dilesakkan ke gawang Lithuania pada kualifikasi Euro 2020. Ronaldo mencetak hattrick dicetak ketika Portugal menang 6-0 atas Lithuania pada 14 November 2019, atau dua bulan setelah menyarangkan quattrick ke gawang Lithuania.

Jika Portugal bisa melaju ke final dan berhasil mencetak gol, maka Ronaldo bisa menjadi pemain tertua yang mencetak gol di turnamen Euro ini. Untuk rekor ini masih dipegang pemain Jerman Barat, Bernd Holzenbein. Pemain ini mencatat gol diusia 30 tahun 103 hari pada final Euro 1976.

Di musim yang buruk bersama klubnya Juventus,  Ronaldo bisa saja malah akan menggila di Euro 2020 ini. Pemain yang selalu dikenal memiliki keinginan menjadi yang terbaik ini, kemungkinan akan melampiaskan ‘kekecewaannya’ di klub dengan tampil ‘kesetanan’ di arena Euro 2020. Kita tunggu saja.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: cnnindonesia.com

 

Comments
Loading...