Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ada 15 Pemain Manchester City di Euro 2020, Pep Guardiola Bisa ‘Sakit Kepala’

Pemain City yang berlaga di Euro 2020. (manchestereveningnews.co.uk)

MURIANEWS, Manchester– Perhelatan Piala Eropa 2020 akan menjadi pesta bagi para pemain-pemain asli Eropa. Namun demikian, semua kemungkinan bisa terjadi, terutama dengan masalah kebugaran para pemain yang terlibat.

Sebagian besar pemain yang terlibat di Euro 2020 dipastikan telah menghabiskan 12 bulan terakhir mereka berlaga di kompetisi lokal masing-masing. Dalam sepekan mereka bisa bertanding tiga kali. Mereka sebenarnya butuh istirahat.

Namun implikasi atas pandemic covid-19 yang terjadi menimbulkan konsekuensi bagi mereka. Kini mereka sudah kembali dihadapkan pada turnamen antar negara, yang menharuskan mereka kembali bertanding.

Bagi sejumlah klub, turnamen Euro 2020 bisa jadi akan menjadi sebuah moment penting untuk menjadikannya sebagai bagian persiapan tim. Salah satunya adalah Manchester City. Jawara Liga Inggris ini.

Manchester City di Liga Inggris bisa dikatakan bagaikan tim multi nasional. Sebagian besar pemainnya merupakan pemain dari luar Inggris. Hampir semuanya juga bintang bagi negara-negara tempat pemainnya berasal.

Di Euro 2020, mereka bahkan mendapati kenyataan ada 15 pemainnya akan terlibat di dalam turnamen ini. Kalau boleh memilih, Guardiola yang menjadi pelatih City mungkin lebih senang jika para pemainnya tidak ikut ambil bagian dalam turnamen ini. Dan Guardiola sebagai pelatih sudah harus ‘bekerja’ untuk City dari Euro 2020 ini.

Media Inggris Manchester Evening News (MEN), menyebut, mungkin Guardiola saat ini hanya bisa berharap tidak ada pemainnya yang berlaga di Euro mengalami masalah. Sebaliknya , ia berharap beberapa pemain yang berkinerja buruk di Liga bisa menemukan kembali performanya menjelang musim depan.

Di Euro 2020, Pep Guardiola barangkali bisa juga melihat pemain-pemainnya yang biasa berada di pinggir, dan mendapatkan tanggung jawab di Tim Nasional sejauh apa perkembangannya. Untuk selanjutnya akan dijadikan referensi dalam penentuan di City musim depan.

Salah satu pemain City yang akan bermain di Euro 2020 adalah Raheem Steling. Setelah musim yang tidak terlalu buruk, Sterling dinilai telah jatuh di bawah standarnya yang sangat tinggi. Diharapkan pemain ini bisa mendapatkan keuntungan dari beberapa penampilannya bersama Inggris nanti.

Pemain lainnya adalah Aymeric Laporte yang di Euro 2020 akan bermain untuk tim Spanyol, dan Nathan Ake di Timnas Belanda. Kedua pemain ini masuk dalam daftar transfer. Jika penampilan mereka membahana, bisa saja akan merubah keputusan klub City.

Hal yang sama juga terjadi pada Ferran Torres yang juga dipanggil Timnas Spanyol. Penampilan gemilangnya di Euro 2020 nanti dipastikan akan membuat Guardiola harus berpikir keras bagaimana mengakomodasinya di Manchester City musim depan.

Lalu ada pemain yang mungkin jarang dimainkan Guardiola, namun mendapatkan tempat utama di Timnas Ukraina. Dia adalah Aleks Zinchenko yang beroperasi sebagai gelandang di Ukraina. Jika bisa gemilang di Euro 2020, bisa saja dia membuat Guardiola harus berpikir ulang.

Lainnya, adalah Phil Foden yang baru saja memenangkan penghargaan PFA dan Pemain Muda Liga Premier musim ini sebagai pemain sayap. Inggris memiliki begitu banyak opsi penyerang, dan Foden bisa saja diminta untuk menempati peran sentral itu. Untuk ini Guardiola juga harus cermat menganalisanya.

Guardiola juga dipastikan akan ‘sakit kepala’ ketika bidikannya untuk tambahan pemain di City juga bermain untuk Timnas Inggris. Pemain itu adalah Jack Grealish yang berasal dari Aston Villa. Jika penampilannya menjanjikan, sudah barang tentu Guardiola akan mati-matian untuk membawanya ke Etihad Stadium.

Inilah Euro 2020. Khusus bagi seorang Guardiola mungkin akan menjadi sebuah awal bagi dirinya untuk memulai persiapan Manchester City. Melihat situasinya, Guardiola mungkin sudah akan merasakan ‘sakit kepala’.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: manchestereveningnews.co.uk

Comments
Loading...