Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

40 Guru Terpapar Selama Lonjakan Kasus Covid-19 di Kudus, PTM Juli Masih Abu-Abu

Penyemprotan cairan disinfektan oleh pihak Desa Tumpangkrasak Kudus usai empat guru SD 1 Tumpangkrasak terpapar Covid-19. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pembelajaran tatap muka (PTM) di Kabupaten Kudus yang dijadwalkan berlangsung pada bulan Juli 2021 mendatang kembali abu-abu. Menyusul tengah melonjaknya kasus Covid-19 di Kota Kretek.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus Harjuna Widada mengungkapkan, pemerintah daerah masih berupaya menekan lonjakan kasus yang terjadi di Kota Kretek.

Walau demikian, persiapan sekolah tatap muka tetap akan dilakukan walau belum maksimal. “Saat ini pemkab tengah fokus menangani lonjakan kasus, sebisa mungkin juga kami akan turut membantu sesuai bidang kami,” ujar Harjuna, Selasa (8/6/2021).

Sembari menunggu keputusan dari nasional dan daerah, para tenaga pengajar di Kabupaten Kudus diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Pasalnya, lanjut dia, pada lonjakan kasus Covid-19 yang tengah terjadi di Kudus ini, sudah ada sebanyak 40 guru yang terpapar virus tersebut.

“Sebagian sudah sembuh, namun juga ada yang masih menjani perawatan maupun isolasi mandiri,” jelas dia.

Percepatan vaksinasi guru-guru di Kabupaten Kudus sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 di sektor sekolah juga terus dikebut bersama Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK).

Sementara untuk perkembangan Covid-19 di Kudus, jumlah pasien Covid-19  di Kabupaten Kudus yang dinyatakan sembuh mulai berangsur naik. Dua hari belakangan, angkanya selalu di atas 200 orang lebih. Walau memang, jumlah pasien konfirmasi baru juga masih tinggi.

Baca: Jumlah Pasien Sembuh dari Covid-19 di Kudus Berangsur Naik

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Masud merincikan, untuk data hingga Senin (8/6/2021) malam, ada sebanyak 263 pasien sembuh baru. Sehingga menambah akumulasi pasien sembuh menjadi sebanyak 6.608 orang.

Sementara pada jumlah pasien konfirmasi baru, bertambah sebanyak 360 orang. Kemudian pasien meninggal bertambah sebanyak 27 orang.

“Adanya penambahan pada jumlah pasien sembuh, pasien baru, dan pasien meninggal menjadikan kasus aktif di Kudus kini berada di angka 1.764 orang dari 9.117 kasus,” ucap dia Selasa (8/6/2021) pagi.

Pemkab Kudus sendiri, dengan bantuan berbagai pihak terus menekan angka penularan kasus sampai saat ini. Namun, pihaknya berharap masyarakat juga turut membantu Pemkab dengan terus mengetatkan protokol kesehatan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...