Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

4.500 Aparat Keamanan Akan Menjaga Messi dan Aguero, Jalani Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Kolombia

Leonel Messi dan Sergio Aguero, menghadapi pertandingan berbahaya di Kolombia. (bolalob.com/joe.co.uk)

MURIANEWS, Madrid- Tim Nasional Argentina menempuh ‘petualangan berbahaya’ saat menjalani lawatan ke Barranquilla, Kolombia. Sejak Minggu (6/6/2021) malam atau Senin (7/6/2021) dinihari WIB mereka sudah berada di kota yang saat ini bisa dikategorikan ‘berbahaya’ ini.

Dalam rombongan Tim Argentina ini juga ada mega bintang sepak bola dunia Lionel Messi dan karibnya yang juga tersohor Sergio Aguero. Mereka akan menjalani pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol, di Stadion Metropolitan Roberto Melendez, Barranquilla, Rabu (9/6/2021).

Mengingat situasi yang terjadi di Kolombia pada akhir-akhir ini, kedatangan Tim Argentina benar-benar merupakan sebuah keputusan berani. Sebab kondisi di Kolombia, termasuk di Barranquilla saat ini masih tetap berbahaya. Karena kerusuhan sosial tengah menghantui Kolombia.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan, yang mempertemukan Kolombia Vs Argentina dikabarkan dibayang-bayangi oleh kemungkinan adanya ganguan keamanan. Operasi polisi kota setempat, kabarnya akan dilakukan secara besar-besaran untuk mengamankan pertandingan ini.

Partai Kolombia Vs Argentina dipastikan akan menjadi pertandingan yang menarik. Namun demikian, sampai pekan lalu pertandingan ini masih diragukan apakah tetap akan digelar di Kolombia.

Sebelumnya malah sempat beredar spekulasi tentang kemungkinan memindahkan pertandingan ini ke negara lain. Atau kemungkinan dilakukan perubahan jadwal pertandingan dengan lebih dulu Argentina menjadi tuan rumah.

Pertandingan ini ternyata tetap di mainkan di Barranquilla, dan bahkan dipastikan akan bisa disaksikan secara langsung di stadion. Rencananya sebanyak 10 ribu pendukung Kolombia diperkenankan hadir di stadion. Kebijakan ini diambil setelah terjadi penurunan angka kasus covid-19 di Kolombia.

Namun, masalah yang mungkin masih timbul adalah terjadinya gangguan keamanan di luar lapangan. Dikabarkan akan ada aksi dari sebuah kelompok warga yang akan duduk diam selama 3 jam sebelum pertandingan.

Kelompok ini akan mengetengahkan slogan ‘Tidak Ada Sepak Bola Tanpa Ada Kedamaian’ sebagai upaya mensukseskan pertandingan ini.

Namun demikian, sebanyak 4.500 personel keamanan tetap akan dikerahkan pada pertandingan ini. Mereka akan bertugas di beberapa sudut stadion, dengan jumlah 2.000 an tentara. Sedangkan 2.500 personil lainnya akan disebar di seluruh sudut kota Barranquilla.

Dalam beberapa bulan terakhir, Kolombia menghadapi masalah kerusuhan sosial. Hal ini terjadi sejak April lalu. Masyarakat Kolumbia menentang kebijakan ekonomi pemerintah mereka.

Krisis yang terjadi di Kolombia semakin memburuk bersamaan dengan datangnya pandemic covid-19. Situasi ini akhirnya membuat mereka menarik diri menjadi tuan rumah Piala Copa Amerika yang dijadwalkan digelar di Kolombia dan Argentina tahun ini.

Bentrokan antara warga dan polisi masih sering terjadi di beberapa kota di Kolombia hingga saat ini. Bahkan tidak hanya hujan batu terjadi, kadang-kadang letupan senjata api dan bahkan ledakan bom juga biasa terdengar di beberapa wilayah di Kolombia.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: mundodeportivo.com

Comments
Loading...