Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hipertensi, Satu Pasien Covid Asal Kudus Dirujuk ke RS DKT Solo

Sejumlah petugas keamanan berjaga di pintu gerbang Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Rabu (23/12/2020). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

MURIANEWS, Boyolali — Penanggung Jawab Isolasi Mandiri Asrama Haji Donohudan, dr Sigit Armunanto mengaku merujuk salah satu pasien Covid-19 asal Kudus yang dirawat di Asrama haji Donohudan ke Rumah Sakit DKT Solo, Minggu (6/6/2021).

Perujukan tersebut dilakukan beberapa saat setelah pasien Covid-19 itu datang bersama 68 orang lainnya dilakukan pemeriksaan kesehatan. Pasien berusia 71 tahun tersebut dengan komorbid hipertensi.

“Tadi malam [Minggu malam] ada yang dirujuk 1 orang karena ada komorbid hipertensi,” ujar Sigit seperti dikutip Solopos.com, Senin (7/6/2021).

Ia menyebutkan, gelombang pertama pasien orang tanpa gejala (OTG) dari Kudus yang masuk ke Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, sebanyak 69 orang pada Minggu (6/6/2021) malam sekitar pukul 22.30. Mereka terdri atas 21 perempuan dan 48 laki-laki.

“Gelombang pertama ini datang 69 pasien OTG. 21 orang perempuan dan 48 orang laki-laki,” ujarnya.

Ia menambahkan, pasien yang baru datang tersebut dalam kondisinya tanpa gejala. Meski demikian kepada pasien akan dilakukan pemeriksaan ulang.

“Mereka tanpa gejala, tapi tetap kami periksa saturasinya, nadinya, dan tensinya. Karena tanpa gelaja sekarang bukan berarti ringan, makanya kami cek lebih mudah dan hati-hati,” imbuhnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Masud menyebutkan, Senin (7/6/2021) pagi tadi gelombang kedua yang terdiri dari 30 pasien diberangkatkan dari Kudus.

Mereka terdiri 14 orang dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Kudus dan 16 anggota keluarganya. ”Mereka sudah diberangkatkan pagi tadi pukul 09.00 WIB,” terangnya.

Ia menambahkan, di Kabupaten Kudus sendiri, kini ada sebanyak 1.280 orang yang menjalani isolasi mandiri.

Jumlah tersebut sebagian akan menjalani isolasi terpusat ke Asrama Haji Donohudan Boyolali. Sementara sisanya, akan diisolasi terpusat di sejumlah titik di Kabupaten Kudus.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...