Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kolaborasi dengan Bule, Pemuda di Jepara Bersihkan Sampah di Pantai

Bule asal Romania dan Swedia bersama Panti Cerita membersihkan sampah di Pantai Teluk Awur, Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Persoalan sampah di banyak pantai di Jepara masih belum sepenuhnya diselesaikan. Keadaan ini membuat dua warga asing dan sejumlah pemuda Kota Ukir bergerak mengurangi penyebaran sampah itu.

Dua bule tersebut yakni Melina Tsapos asal Swedia dan Nutika dari Romania. Dengan menggandeng Panti Carita, kegiatan bersih pantai tersebut dinamai Community Action Against Wast. Panti Cerita sendiri adalah salah satu Panti Asuhan di Jepara.

Brelyantika Indra Jesa mas, founder Panti Cerita, menjelaskan bahwa dirinya diajak kedua bule itu berkolaborasi untuk menjaga lingkungan. Kedua bule tersebut kebetulan sedang menemani suaminya yang bertugas di Jepara.

“Mereka tinggal di apartemen di Tegal Sambi. Tepatnya di depan laut. Dia merasa sedih karena Pantai Teluk Awur yang mestinya bisa dinikmati keindahannya, justru kotor dengan sampah-sampah yang dibuang sembarangan,” kata Tika, Senin (7/6/2021).

Melihat realitas itu, mulai Minggu kemarin, bersama sepuluh pemuda Jepara, mereka memunguti sampah yang berserakan di bibir Pantai Teluk Awur. Kebanyakan sampah yang dipungut yaitu plastik, sedotan, popok bekas bayi, dan lainnya yang sulit terurai alam.

“Masih banyak banget sampahnya. Bahkan sebulan pun enggak akan cukup untuk membersihkannya,” ucap Tika.

Tidak hanya membersihkan sampah, lanjut Tika, gerakan tersebut juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

Terutama warga Jepara yang notabene penduduk asli. Rencananya, gerakan bersih pantai itu akan terus dilakukan paling tidak seminggu sekali pada akhir pekan.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...