Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jumlah Wilayah Zona Merah di Kudus Kini Jadi 60 Desa

Penyemprotan disinfektan menggunakan armada water canon Dalmas Polres Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 60 desa di Kabupaten Kudus berada pada zona merah penyebaran Covid-19. Ke-60 desa tersebut, menyebar di sembilan wilayah kecamatan, menyusul ditemukannya banyak kasus penyebaran Covid-19 di desa- desa tersebut.

Jumlah ini mengalami penambahan dari data pekan sebelumnya yang jumlahnya 42 desa di Kota Kretek. Bupati Kudus HM Hartopo memastikan jumlah desa berzona merah ini.

“Sesuai arahan (Pak Kapolri dan Panglima TNI) memberikan penekanan penanganan Covid-19 agar lebih bisa efektif. Terutama 60 desa yang zona merah saat ini,” kata Bupati Kudus HM Hartopo, Senin (7/6/2021).

Evaluasi penanganan Covid-19,  lanjut dia, harus selalu diperbaharui setiap harinya. Begitu juga posko-posko yang tersedia di setiap desa zona merah juga harus lebih efektif dan dimaksimalkan.

“Evaluasi harian perkembangan data kasus baru harus selalu dilaporkan. Sehingga bisa segera diketahui dan diberikan penanganan agar kasus bisa segera menurun,” ujarnya.

Sementara dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus dari 60 desa yang memasuki zona merah itu, Kecamatan Jekulo memiliki jumlah desa zona merah yang paling banyak, yakni ada 11 desa.

Yakni Desa Klaling, Sadang, Terbang, Pladen, Tanjungrejo, Bulungcangkring, Honggosoco, Bulungkulon, Hadipolo, Gondoharum, dan Jekulo.

Disusul Kecamatan Kota dan Kecamatan Jati, yang masing-masing memiliki sembilan desa risiko penularan tinggi.

Di Kecamatan Kota meliputi Kelurahan Mlatinorowito, Desa Wergu Wetan, Janggalan, Kramat, Purwosari, Demaan, Singocandi, Langgardalem, dan Rendeng. Kecamatan Jati ada di Desa Getaspejaten, Jepangpakis, Jati Kulon, Ngembaliin Kulon, Ploso, Jati Wetam, Loram Kulon, Loram Wetan dan Jetis Kapuan.

Baca: 42 Desa di Kudus Masuk Zona Merah Penyebaran Covid-19

Sementara di Kecamatan Kaliwungu ada delapan desa. Yakni, Desa Bakalankrapyak, Sidorekso, Garung Lor, Karangampel, Prambatan Lor, Prambatan Kidul, Garung Kidul serta Papringan.

Kemudian, di Kecamatan Bae ada tujuh desa dengan risiko penularan tinggi. Yakni, Desa Panjang, Bacin, Ngembalrejo, Pedawang, Gondangmanis, Karangbener dan Purworejo.

Selain itu, di Kecamatan Undaan ada enam desa dengan risiko penularan tinggi. Seperti Desa Undaan Lor, Wates, Kutuk, Ngemplak, Sambung, dan Glagahwaru.

Untuk Kecamatan Mejobo zona merah berada di lima desa. Yakni Desa Payaman, Jojo, Jepang, Hadiwarjo dan Kesambi. Selanjutnya di Kecamatan Dawe yakni, Desa Samirejo, Kandangmas, Margorejo, Rejosari.

Yang terakhir, Kecamatan Gebog memiliki jumlah desa dengan penularan tinggi yang paling sedikit. Hanya ada satu di Desa Besito.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...