Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Obat Yang Diklaim Redam Covid-19 di India Akan Dibagikan di Kudus

Ivermectine. (Foto: alodokter.com)

MURIANEWS, Kudus – Obat bernama Ivermectin yang diklaim meredam penularan Covid-19 di India diwacanakan segera dibagikan di Kabupaten Kudus. Obat tersebut juga kini telah diproduksi di Indonesia.

Vice President PT Harsen Laboratories Sofia Koswara mengungkapkan, di India Ivermectin diklaim berhasil menurunkan jumlah kematian hingga 25 persen. Serta memangkas jumlah orang yang terinfeksi hingga 80 persen di negara itu.

“Dan nampaknya kini juga dipersiapkan untuk penanganan Covid-19 di Indonesia,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Senin (7/6/2021).

Sofia menambahkan, obat Ivermectin tersebut telah dibagikan kepada ribuan orang di Indonesia sejak September tahun lalu. Hasilnya, diklaimnya sangat bagus. “Ivermectin berhasil di 16 negara lain seperti Slovakia, Mexico, Peru,” ujarnya.

Sementara, dr Budhi Antariksa ahli paru dari Persatuan Dokter Paru Indonesia ( PDPI ) yang memimpin uji klinis Ivermectin mengatakan, jika Ivermectin merupakan obat minum dan memiliki potensi menghambat pembelahan atau anti replikasi virus.

“Selain itu juga memiliki kemampuan sebagai anti peradangan,” ungkapnya.

Budi mengatakan, pemerintah sudah berikan segala upaya untuk menanggulangi musibah ini, dari obat-obatan dan pelayanan kesehatan bagi warganya. Obat yang mempunyai potensi melawan Covid-19 juga dipersiapkan.

“Termasuk dalam hal ini penanganan di Kudus. Diperlukan segala upaya untuk mengatasinya. Ivermectin akan diberikan kepada warga Kudus sebagai obat terapi virus Covid-19 dan juga sebagai obat pencegahan,” terangnya.

Walau demikian, tambah dia, pemberian Ivermectin dilakukan dengan tetap memberikan obat standar penanggulangan Covid-19 dan kewajiban warga Kudus harus menerapkan perilaku 5M. Yakni memakai makser, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha
Ivermectine. (Foto: alodokter.com)

Comments
Loading...