Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jalan Nanjak Malah ‘Salah Ngoper ke Gigi Netral’, Mobil ‘Ngglondhor’ Masuk Jurang, 1 Tewas 13 Luka-luka

Mobil pick-up yang gagal nanjak saat menuju kampung wisata Buricak Burinong, Majalengka, Jawa Barat, pada Minggu (6/6/2021). (kompas.com/dok. screen shoot video)

MURIANEWS, Sumedang- Kecelakaan tunggal terjadi di wilayah pesisir Waduk Jati Gede, Kabupaten Sumendang, Jawa Barat, Minggu (6/6/2021). Sebuah mobil pick-up yang memuat belasan wisatawan asal Kertajaya, Kertajati, Majalengka Jawa Barat, terjun ke jurang.

Kejadian ini akhirnya menimbulkan korban satu orang meninggal dunia di lokasi kejadian, sedangkan 13 orang lainnya mengalami luka-luka. Mobil pick-up yang mereka tumpangi tidak kuat nanjak, lalu ‘ngglondhor’ dan terjun ke jurang sedalam kurang lebih 5 meter.

Menurut Kapolsek Cisitu, Polres Sumedang, Iptu Iptu Awang Munggardijaya, seperti yang dilansir oleh Kompas.com, menyebutkan kecelakaan terjadi di sekitar tanjakan Blok Kokoncong. Tanjakan ini berada di perbatasan Desa Cigintung, Kecamatan Cisitu dengan Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja.

Sesuai dengan keterangan para saksi, kejadian ini diduga karena kesalahan sopir pick-up yang mengoperasikan kendaraan. Saat menanjak, mobil diketahui menggunakan gigi persneling 3.

Karena posisi menanjak, si sopir mencoba untuk memindah ke gigi persneling yang lebih rendah. Namun usaha yang dilakukan sopir pick-up ini menemui kegagalan. Menurut keterangan para saksi, saat itu gigi persneling malah masuk ke gigi netral.

Karena masuk ke gigi netral, akhirnya mobil secara medadak langsung mundur, karena tak memiliki tenaga untuk maju. Begitu mundur, mobil sudah tidak bisa dikendalikan lagi hingga akhirnya masuk ke parit yang dalamnya mencapai kurang lebih 5 meter.

“Mobil melaju dari arah Cisitu menuju objek wisata Kampung Buricak Burinong. Saat tiba di lokasi mobil tak kuat menanjak hingga mundur dan terperosok ke jurang sedalam 5 meter,” ujar Awang memberikan konfirmasi, Minggu (6/6/2021).

Masih menurut Awang, mobil ini membawa 14 penumpang termasuk sopir. Mereka rencananya akan berwisata ke kampung wisata Buricak Burinong. Akibat kecelakaan ini satu orang diketahui meninggal di lokasi kejadian.

Sedangkan tujuh orang lainnya mengalami luka berat, kemudian tiga orang mengalami patah tulang dan sisanya mengalami luka ringan. Mereka yang menjadi korban kecelakaan langsung dibawa ke Puskesmas Cisitu.

“Total korban 14 orang dibawa ke Puskesmas Cisitu. Ada yang dirujuk ke Rumah Sakit Cideres, ada juga yang ke RSUD Sumedang. Satu orang meninggal dunia, yang lainnya luka ringan dan luka berat,” jelas Iptu Awang.

Lokasi kejadian memang dikenal memiliki tanjakan tajam dan membutuhkan kehati-hatian bagi pengguna jalan. Kejadian ini selanjutnya ditangani oleh Unit Laka Lantas Polres Sumedang.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: kompas.com

Comments
Loading...