Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

42 Desa di Kudus Masuk Zona Merah Penyebaran Covid-19

Portal lockdown yang dipasang di Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kudus, 27 Mei 2021. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 42 desa di Kabupaten Kudus berada pada zona merah penyebaran Covid-19. Ke-42 desa tersebut, menyebar di sembilan kecamatan, yang paling banyak di Kecamatan Jati, dan Mejobo.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, dua kecamatan tersebut punya sebanyak tujuh desa yang berada pada daerah risiko penularan tinggi.

Untuk Kecamatan Jati, tujuh desa tersebut ialah Desa Ngembal Kulon, Jepangpakis, Tanjungkarang, Pasuruhan Lor, Ploso, Loram Wetan, dan Megawon. Sementara di Kecamatan Mejobo, berada di desa Gulang, Temulus, Kesambi, Hadiwarno, Mejobo, Jepang, dan Payaman.

Kemudian disusul Kecamatan Jekulo dan Kaliwungu yang memiliki masing-masing lima desa zona merah.

Untuk Jekulo, desa dengan risiko tingginya berada di Desa Hadipolo, Tanjungrejo, Sadang, Honggosoco, dan Jekulo. Sementara untuk desa zona merah di Kecamatan Kaliwungu berada di Desa Mijen, Prambatan Kidul, Gamong, Bakalankrapyak, dan Kaliwungu.

Untuk Kecamatan Kota, Bae, dan Undaan, masing-masing terdapat empat desa berzona merah. Di Kecamatan Kota, empat desa itu berada di Desa Panjunan, Langgardalem, Mlati Norowito, dan Rendeng.

Sementara Kecamatan Bae berada di Desa Panjang, Karangbener, Pedawang, dan Bae. Kemudian untuk Kecamatan Undaan berada di Desa Undaan tengah, Larikrejo, Sambung, dan Glagahwaru.

“Enam desa lainnya ada di Dawe dan Gebog, Yakni di Desa Padurenan, Gondosari, dan Kedungsari di Gebog dan di Desa Cranggan, Piji, dan Lau di Desa Dawe,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit DKK Kudus, Nasiban, Sabtu (5/6/2021).

Data tersebut, lanjutnya, akan dievaluasi terus setiap pekannya sesuai ketentuan dari Kementerian Kesehatan. Seperti dari sisi epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

“Ada skor yang menentukan mana desa yang masuk kategori merah dan mana desa yang masuk kategori oranye, kuning, dan hijau,” rincinya.

Sementara sampai saat ini, Covid-19 di Kabupaten Kudus telah menembus angka 8.210 kasus. Di mana masih ada sebanyak 375 pasien dirawat dan 1.103 pasien isolasi mandiri.

Sementara untuk jumlah pasien sembuh berada di angka 6.094 orang dan pasein meninggal ada sebanyak 683 orang.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...