Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Sepuluh Nakes Terpapar Covid-19, Puskesmas Batangan Pati Juga Ditutup Sementara

Puskesmas Batangan ditutup. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak sepuluh tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Batangan, Kabupaten Pati positif terpapar Covid-19. Itu diketahui setelah dilakukan swab PCR terhadap seluruh pegawai yang ada di Puskesmas.

Kabag Tata Usaha Puskesmas Batangan Kahar Purwanto mengatakan, sebelumnya hanya ada tujuh nakes yang terpapar. Tapi setelah dilakukan swab PCR tambahan, rupanya ada tiga nakes lagi yang terpapar.

“Totalnya ada sepuluh nakes yang terpapar. Saat ini semuanya sedang isolasi mandiri di rumah masing-masing,” katanya, Sabtu (5/6/2021).

Hingga saat ini, puskesmas tersebut belum dilakukan penutupan oleh pihak terkait. Padahal Bupati Pati Haryanto sudah menyarankan agar ditutup untuk sterilisasi. Kendati demikian, tidak ada warga yang melakukan pemeriksaan ke puskesmas tersebut.

“Memang kami sudah diperintahkan untuk tutup. Tapi kami belum dapat surat penutupan resmi dari Dinas Kesehatan,” katanya.

Menurutnya, para nakes tersebut terpapar justru dari warga yang periksa ke puskesmas. Hal itu diketahui setelah adanya tracing yang dilakukan.

Baca: Tujuh Karyawan Positif Covid, Klinik Depan Puskesmas Wedarijaksa I Pati Juga Ditutup

Bupati Pati Haryanto pada Kamis (3/6/2021) mewanti wanti agar Puskesmas yang terindikasi Covid-19 untuk segera dilakukan penutupan tiga sampai empat hari. Kemudian petugas melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan untuk sterilisasi.

“Layanan kesehatan, kalau ada nakes yang terpapar, langsung kami tutup untuk sterilisasi. Sejauh ini, puskesmas yang sudah ditutup ada di Puskesmas Gembong, Wedarijaksa 1 dan Batangan,” pungkasnya.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...