Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Gubernur Perintahkan Semua Daerah di Jateng Tingkatkan Testing dan Tracing Corona

Tenaga kesehatan di Jepara sedang melakukan swab pada warga. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memerintahkan seluruh kepala daerah di provinsi ini untuk meningkatkan upaya testing dan tracing Covid-19. Sehingga akan cepat diketahui adannya sumber penularan, dan bisa segera ditangani.

Hal ini menurut Ganjar tak hanya berlaku untuk Kabupaten Kudus yang saat ini kasusnya tengah melesat. Melainkan juga berlaku untuk semua daerah di Jawa Tengah.

“Lakukan testing dan tracing lebih banyak. Ini tidak hanya untuk Kudus, berlaku untuk seluruh Jawa Tengah agar kita siaga. Tingkatkan testing, sekali lagi, tingkatkan testing!,” kata Ganjar.

Pemerintah daerah diminta tak perlu takut jika hasil testing itu berdampak pada peningkatan jumlah kasus Covid-19. Menurutnya, semakin cepat dilakukan maka semakin cepat pula mengetahui kondisi COVID-19 di daerah itu.

“Karena dengan makin banyak testing, makin banyak tracing, harapan kita, kita tau persis kondisi di daerah kita. Itu yang kita coba lakukan,” ujarnya.

Terlepas dari itu, Ganjar memohon bantuan dari msyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan, khususnya menggunakan masker dan tidak berkerumun.

“Saya masih berharap dan meminta, memohon kepada masyarakat agar memberikan dukungan. tidak berkerumun, pakai masker. Maskerlah yang paling utama sebenarnya. Terus kemudian aware peduli, ya kalau (harus) jaga jarak,” terangnya.

Baca: 96 Dokter dan Perawat Dikerahkan ke Kudus, Ganjar: Kami Terus Dampingi

Disinggung terkait dengan ledakan kasus di Kudus, Ganjar mengaku telah memperhatikan ramainya cerita soal pemulasaraan jenazah yang disebut-sebut antre panjang akibat kurangnya tenaga.

“Terima kasih juga dari Muhammadiyah membantu, dari NU membantu, dari ormas membantu. TNI Polri membantu, sehingga timnya kita tambahi SDM,” katanya.

Ganjar juga menyampaikan terima kasih pada Pemerintah Kota Semarang yang turut membantu mengerahkan ambulans-ambulansnya untuk Kabupaten Kudus. Ganjar berharap, hal ini menjadi teladan gotong royong yang baik dalam hal penanganan Covid-19.

“Saya dengar Pemkot Semarang juga menyiapkan ambulans-ambulansnya sehingga jemput bola dan bisa membantu semuanya. Ini contoh yang menurut saya bagus untuk kita bisa bekerja sama,” tandasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...