Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Diumumkan Secara Online, Kelulusan SMP di Kudus Seratus Persen

Kepala SMP 2 Kudus menunjukkan sistem pengumuman kelulusan melalui WhatsApp gateway. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Meningkatnya kembali kasus corona di Kudus membuat kegiatan di sejumlah sektor kembali dilakukan pembatasan. Salah satunya sektor pendidikan kini seluruh kegiatan siswa kembali diberlakukan dengan sistem daring.

Secara serentak, Jumat (4/6/2021) sore, SMP di Kudus mengumumkan kelulusan siswa kelas XI secara daring.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus, Harjuna Widada menjelaskan, dari hasil pantauannya kegiatan pengumuman sekolahan secara daring di sejumlah SMP berjalan dengan lancar. Semua siswa kelas XI di Kudus juga dinyatakan seluruhnya lulus.

“Kami monitoring SMP 1 Jekulo, SMP 1 Kudus, SMP 3 Bae, SMP 4 Kudus, SMP 2 Jati dan SMP 2 Kudus semuanya lancar. Teknisnya berbeda-beda sesuai kebijakan sekolah, tapi semuanya berjalan online. Semua siswa SMP lulus 100 persen,” katanya.

Pihaknya juga sudah memberikan surat edaran kepada sekolah agar siswa tidak melakukan konvoi atau perayaan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Saya sudah mewanti-wanti agar tidak ada konvoi. Anak-anak pasti juga sudah tahu tentang kondisi saat ini. Kami juga sudah melayangkan surat ke Polres Kudus pemberitahuan adanya pengumuman kelulusan online hari ini,” jelasnya.

Sedangkan, berkas-berkas asli, lanjut Harjuna, nantinya akan dibagikan secara bertahap dengan protokol kesehatan ketat di masing-masing sekolahan mulai Senin (7/6/2021) besok. Sekolah diminta maksimal menghadirkan 50 orang tua siswa bertahap dengan ruangan yang terpisah.

“Karena menghindari kerumunan bisa dibuat bertahap, prosesnya harus sangat ketat dan harus diambil orang tua. Karena berkas itu sangat penting untuk mendaftar ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, ” tandasnya.

Sementara itu di SMP 2 Kudus pengumuman kelulusan menggunakan Microsoft Office 365 dan WhatsApp gateway.

Kepala SMP 2 Kudus Sujarwo mengatakan, ada 254 siswa kelas XI yang sore ini mengakses pengumuman kelulusan melalui WhatsApp gateway. Tak hanya itu, salinan surat keterangan lulus (SKL) atau surat keterangan rapor (SKR) dikirim melaui link.

“Jadi mulai pukul 16.00 WIB tadi, siswa sudah bisa mengakses pengumuman kelulusan, salinan SKL dan juga SKR. Siswa kelas XI di SMP 2 Kudus lulus semua,” ujarnya.

Teknis pengumuman kelulusan, lanjut Sujarwo, siswa atau orang tua siswa bisa mengirim nomor induk siswa melalui nomor WhatsApp yang sudah ditentukan sekolahan. Kemudian, secara otomatis sistem akan memberikan keterangan lulus dan panduan selanjutnya untuk mengunduh salinan SKL dan SKR.

“Setelah itu kalau ingin lihat SKL atau SKR bisa kembali mengirim pesan dan menyertakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Nanti akan keluar link yang bisa di buka berisi berkas dan nilai berbentuk dokumen softcopy,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...