Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

40 Inovasi Peserta PKA Angkatan II di Grobogan Diluncurkan

Salah satu peserta PKA sedang memaparkan inovasi yang dibuat dihadapan Bupati Grobogan Sri Sumarni. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Sebanyak 40 inovasi aksi perubahan kinerja organisasi Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Kabupaten Grobogan tahun 2021 diluncurkan, Kamis (3/6/2021). Peluncuran inovasi dilakukan oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni.

Ikut mendampingi bupati dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Padma Saputra dan Asisten I Teguh Hardjokusumo. Hadir pula, 40 inisiator inovasi sekaligus peserta PKA angkatan II.

Bupati Grobogan Sri Sumarni mengapresiasi inovasi yang dilakukan para peserta PKA angkatan II tersebut. Terlebih, inovasi ini dilakukan pada saat masih dalam masa pandemi.

“Tentunya ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja setiap organisasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan. Munculnya inovasi sangat penting agar kinerja pemerintah dalam melayani publik menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Menurut Sri, saat ini semua daerah berlomba-lomba memunculkan inovasi di berbagai bidang. Adanya situasi pandemi Covid-19 justru menjadi tantangan para peserta PKA untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

”Semuanya harus berani mendobrak dan membuat sesuatu yang baru. Digitalisasi yang dulu sulit, sekarang menjadi gaya hidup baru. Dengan konisi ini maka ukuran kinerja pun harus diubah. Jangan sampai terjebak dengan rutinitas yang itu-itu saja,” tegasnya.

Sementara itu, ada beberapa inovasi yang dibuat dengan pemanfaatan teknologi digital. Antara lain, promosi produk lokal melalui integrasi sistem informasi (SWEB) Dalmadi Center Grobogan milik Kabid Perdagangan Disperindag Grobogan Indri Agus Velawati.

Kemudian Pengelolaan Data Akreditasi terintegrasi dengan ruang pelayanan di RSUD dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi yang dibuat Kabag Sekretariat RSUD dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Waluyo dan Kabag Humas Sekretariat DPRD Grobogan Herlambang Bayu Aji yang membuat inovasi digitalisasi media informasi berbasis aplikasi multiplatform.

Selain itu, ada inovasi pemberdayaan produk dan potensi lokal. Seperti yang dirancang Kabid Holtikultura Dinas Pertanian Grobogan Nur Widiastuti dengan inovasi pemberdayaan petani bawang merah melalui sinergitas pembentukan lembaga korporasi di Kabupaten Grobogan.

Kemudian, inovasi akselerasi pemasaran produk lokal melalui jaringan pemasaran ketahanan pangan (Jaran Kepang) di Kabupaten Grobogan dari Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Grobogan  Bambang Yulianto.

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...