Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pembentukan Mal Pelayanan Publik Blora Diklaim KemenPAN-RB Tercepat di Indonesia

Bupati Blora Arief Rohman mencoba salah satu layanan di MPP Blora. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Setelah tiga bulan dikebut, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Blora yang berada di Jalan Blora-Cepu km 5 Kecamatan Jepon resmi dibuka, Kamis (3/6/2021). Pembangunan MPP ini diklaim Kementerian Pemdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) paling cepat di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Prof Dr Diah Natalisa, Deputi Bidang Pelayanan Publik, KemenPAN-RB usai menghadiri grand launching.

“Dengan waktu yang singkat, SEJAK penandatanganan komitmen pembentukan MPP di depan Pak Menteri 2 Maret lalu, kini sudah diresmikan. Ini yang tercepat,” katanya.

Menurutnya ini merupakan semangat yang luar biasa untuk menghadirkan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Pihaknya meminta agar inovasi terus dilakukan sehingga keberadaan MPP selalu memberikan manfaat untuk publik.

Menteri Tjahjo Kumolo yang hadir secara daring dalam sambutannya menekankan bahwa inti dari reformasi birokrasi itu adalah bagaimana seorang pimpinan daerah bisa semakin cepat memberikan pelayanan yang mudah dan murah. Maka dengan adanya MPP ini menjadi sebuah cerminan adanya reformasi birokrasi itu.

“Bapak Presiden menginginkan bahwa salah satu reformasi birokrasi itu bagaimana aparatur pemerintah bisa memberikan pelayanan yang lebih cepat, mudah dan murah kepada masyarakatnya hingga tingkat desa. Baik dalam hal pelayanan dasar pembuatan KTP, perpanjangan KTP, dokumen kependudukan, serta surat perizinan lainnya khususnya di Blora. Serta instansi vertical lainnya. Maka adanya MPP ini sebagai wujud dari itu. Selamat untuk Blora,” terang Tjahjo Kumolo.

Dengan adanya MPP ini, Menteri Tjahjo berharap bisa mempercepat proses peran serta masyarakat dalam peningkatan iklim usaha guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Meskipun Blora berada di pinggiran Jawa Tengah, namun di sebelahnya ada Rembang, Grobogan, hingga Bojonegoro. Maka Blora juga harus mampu tumbuh dengan segala potensinya sebagai wilayah penopang, apalagi Bandara juga akan segera hadir,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang memberikan sambutannya secara virtual dalam perjalanannya menuju Purbalingga, untuk meresmikan Bandara Jenderal Besar Soedirman.

“kita yakin sebentar lagi Blora, Cepu juga akan ikut melaju kencang dengan Bandara Ngloramnya. Pak Bupati sudah keliling ke beberapa maskapai, kami siap mendukung agar Ngloram bisa nyusul Bandara Purbalingga,” sambung Gubernur.

Sedangkan Bupati Arief Rohman mengatakan bahwa pembentukan MPP Blora ini hanya butuh 94 hari sejak awal hingga grand launching hari ini.

Menurutnya, dari 29 instansi di MPP ini membuka 261 layanan, dilengkapi pusat kerajinan dan UKM, pojok baca, tempat bermain anak, ruang laktasi, pojok ngopi, crisis center, hingga auditorium. Juga akan ada mobil MPP Keliling.

 

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...