Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Letjen Ganip Turun Langsung Pastikan Wisata Religi di Kudus Tutup dan Terapkan Prokes Ketat

Kepala BNPB yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito memantau kawasan Menara Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 RI, Letjen TNI Ganip Warsito turun langsung memantau protokol kesehatan (prokes) di wisata religi Sunan Kudus, dan Sunan Muria, Kamis (2/5/2021).

Kedua wisata religi tersebut didatangi untuk memastikan tidak ada wisatawan yang datang dan memastikan tutup sementara.

“Kehadiran kami di sini memastikan pelaksanaan instruksi penutupan sementara wisata religi. Karena ini bagian dari upaya dalam menekan angka Covid-19 yang saat ini tengah naik,” katanya di Hotel Graha Muria Colo, Kamis (3/6/2021).

Letjen Ganip menyebut, secara keseluruhan penutupan wisata religi dan pelaksanaan protokol kesehatan di tempat-tempat tersebut sudah berjalan. Pengelola wisata religi pun sudah memahami lantaran untuk kepentingan masyarakat luas.

Namun, menurutnya di Kudus sendiri masih harus ada evaluasi, baik tentang perencanaan, aturan yang ditetapkan, hingga pelaksanaannya. Protokol kesehatan 5M, lanjut dia, harus dioptimalkan dan manajemen di rumah sakit juga harus dibenahi.

“Memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan, dan mengurangi mobilitas (5M) ini menjadi suatu keharusan.  Lalu 3T tracing, testing dan treatmen yang saat ini sudah dilakukan secara masif,” jelasnya.

Pihaknya pun yakin saat semua manejemen penanganan Covid-19 sudah terpadu di bawah koordinasi bupati Kudus serta kerja sama oleh semua pihak, tak butuh waktu yang lama untuk menekan angka Covid-19.

“Saya yakin jika semua bekerja sama, akan bisa segera menekan lonjakan Covid-19 ini menjadi mereda,” imbuhnya.

Sementara Ketua Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus  (YM3SK) M Nadjib Hasan menjelaskan,  pihaknya siap bekerja sama dan mendukung langkah pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19. Menara Kudus sendiri, sudah mulai ditutup semenjak sepekan yang lalu.

“Karena tujuan kami semua sama. Gimana caranya mengurai kerumunan dan memutus pandemi ini.  Semenjak Jumat pekan kemarin kami sudah tutup, penyekatan bus juga sudah dilakukan oleh pihak terkait,” terangnya.

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...