Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Insentif Nakes Pejuang Covid-19 di Pati Tahun Ini Belum Terbayarkan

 

Bupati Pati Haryanto bersama Sekda Suharyono memberikan keterangan. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Terhitung mulai Januari hingga akhir Mei 2021, insentif untuk tenaga kesehatan (nakes) yang merupakan garda terdepan penanganan Covid-19 di Kabupaten Pati, belum terbayarkan. Para nakes mulai mengeluhkan hal itu sejak awal Meli 2021 lalu.

Salah seorang nakes yang bekerja di salah satu rumah sakit di Pati mengaku, terakhir kali mendapatkan insentif adalah pada Desember 2020. Namun, untuk tahun ini dirinya mengaku belum mendapatkan pencairan sama sekali.

“Insentif kita belum dibayar oleh pemerintah, alasannya apa kami tidak tahu. Kami terakhir menerima insentif pada Desember 2020, dan dikirim langsung ke rekening kami, tapi sampai sekarang kami belum dapat lagi,” keluh nakes yang enggan disebut namanya, Kamis (3/5/2021).

Sementara nakes yang lain juga mengatakan hal yang sama. Bahkan menurutnya, pemerintah seharusnya bisa lebih memperhatikan para nakes ini. Sebab, penanganan Covid-19 sangatlah berbahaya dan penuh dengan risiko.

“Covid-19 ini sangat berbahaya dan sangat mudah menular. Kalau bukan tugas di bidang kesehatan, siapa lagi yang mau menangani. untuk itu pemerintah jangan hanya memanfaatkan tenaga kami, tapi tidak mau memperhatikan hak kami,” ungkap nakes yang lain.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Pati Haryanto mengaku itu hanya terkait teknis dalam pembayaran yang belum terselesaikan. Haryanto memastikan insentif akan terbayarkan, hanya memang ada sedikit keterlambatan.

“Tidak usah khawatir lah. Apalagi seperti petugas penanganan covid ini, kalau sampai tidak terbayarkan kan kasihan. Ini kan juga di garda terdepan. Kami tidak mungkin merugikan kepada petugas kesehatan,” terangnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pati Suharyono mengatakan, saat ini proses pencairannya memang sedang dicermati oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati. Setelah semuanya selesai, nanti insentif akan ditransfer ke masing-masing rekening nakes.

“Itu sudah dicermati oleh Dinkes. Nanti dalam waktu dekat sudah bisa cair,” timpalnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...