Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ketua Satgas Covid-19 Beri Catatan Penanganan Corona di RSUD Kudus

Kepala BNPB yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Pusat, Letjen TNI Ganip Warsito didampingi Bupati Kudus HM Hartopo meninjau RSUD Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Pusat, Letjen TNI Ganip Warsito mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus, Kamis (3/6/2021).

Kunjungan tersebut, dilakukannya dalam rangka meninjau pelayanan rumah sakit rujukan lini satu penanganan Covid-19 di Kota Kretek itu.
Ada sejumlah catatan yang diberikan Ganip pada direksi RSUD. Salah satunya adalah sterilnya ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD).

“Di IGD tidak boleh ada orang dari luar masuk. Itu bisa terjadi penularan walau di IGD ini belum dinyatakan positif, tapi sudah reaktif,” katanya.

Selain itu, Ganip juga menegaskan untuk pasien yang diisolasi, harus benar-benar melakukan isolasinya. Penunggu pasien pun diharapkan tidak ada dan tidak keluar masuk.

“Prokes tentang karantina, isolasi, menjaga jarak, memakai masker, dan cuci tangan harus ditegakkan kembali,” jelasnya.

Ganip sendiri, akan mengevaluasi tata kelola penanganan pasien Covid-19 di Kudus. Mulai dari awal masuk dan apabila pasien dinyatakan meninggal dunia.

Satgas Penanganan Covid-19 nasional sendiri mengirimkan bantuan tim dan peralatan penunjang yang dibutuhkan Pemkab Kudus menyusul melonjaknya kasus pasien Covid-19 yang dirawat.

Tim tersebut, akan menyusun skema perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan penanganan Covid-19. Itu dilakukan mengingat banyak rumah sakit di Kabupaten Kudus kini mulai penuh sesak. Begitu pula dengan Instalasi Gawat Darurat (IGD)-nya.

Nantinya, pasien dengan gejala ringan, sedang, dan berat akan diatur sedemikian rupa tata rawatnya. Sehingga semua pasien bisa dilayani dengan baik dan maksimal.

Sementara terkait kekurangan tenaga kesehatan di Kudus, Ganip menyampaikan jika Provinsi Jawa Tengah telah mengirimkan setidaknya 60 tenaga kesehatan untuk membantu perawatan pasien Covid-19.

Ganip sendiri, telah berjanji jika Satgas Penanganan Covid-19 akan turun langsung bersama Satgas Covid-19 di Kudus untuk menghentikan lonjakan kasus Covid-19 di Kota Kretek.

Caranya, adalah kembali menegakkan protokol kesehatan di seluruh lapisan masyarakat. Karena menurutnya, Covid-19 bisa terhenti jika masyarakat disiplin akan penerapan prokes.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro juga akan ditegakkan setegak-tegaknya. Bantuan personel untuk turut mendisiplinkan masyarakat pun dikerahkan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...