Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pedagang Pasar di Kudus Diminta Tak Jualan Dulu Bila Batuk dan Demam

Ali Muntoha Ketua Komisi D Muhtamat memberikan sosialisasi prokes di Pasar Baru Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Para pedagang pasar di seluruh Kabupaten Kudus diharapkan tak berjualan terlebih dahulu apabila mengalami gejala Covid-19 seperti batuk, demam, dan flu.

Pedagang juga diminta untuk bisa segera memeriksakan diri, sehingga bisa terdeteksi jika memang terpapar Covid-19.

“Kalau seperti itu bilang dengan koordinator pasarnya,” kata Wakil Ketua Komisi D Muhtamat, Kamis (3/6/2021).

Koordinator pasar, lanjut dia, juga harus berperan aktif dalam mendata dan mengecek kesehatan para pedagang di wilayah pasarnya. Baik secara langsung maupun secara daring.

“Itu juga sebagai bentuk skrining, semua pihak sepakat jika pasar merupakan salah satu tempat kerumunan yang berpotensi menularkan virus tersebut. Karena itu skriningnya harus ketat,” ujarnya.

Pedagang yang berjualan di pasar, juga diharapkan selalu mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari mencuci tangan dan selalu memakai masker. “Menjaga jarak juga diperlukan untuk ini,” sambungnya.

Tak hanya sebatas pedagang saja, masyarakat yang hendak berbelanja ke pasar juga diharapkan melakukan hal yang sama. Yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Ketika pedagang sudah patuh, kami harapkan masyarakat yang berbelanja juga patuh, jangan seenaknya juga,” terangnya.

Berkaca dari sejumlah kejadian, banyak pasar ditutup karena adanya pelanggaran prokes dan akhirnya menimbulkan klaster.  “Kalau sudah begitu, akan ada banyak pihak yang dirugikan,” ujar dia.

Muhtamat pun optimis, apabila pedagang dan pembeli mematuhi protokol kesehatan, tak ada lagi penularan Covid-19 yang terjadi di pasar. Atau setidaknya bisa ditekan semaksimal mungkin.

“Penanggulangan Covid-19 ini jadi tugas bersama. Pemerintah akan mengupayakan penekanan persebaran kasusnya, masyarakat membantu menekan penyebaran kasus dengan tertib prokesnya, kalau seperti itu, kami yakin Kudus akan pulih kembali,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...