Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Angka Kematian Akibat Covid-19 di Kabupaten Jepara Lampaui Nasional

Dokter Fakhrudin saat diskusi tentang kondisi Covid-19 di Jepara terkini. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Kasus Covid-19 di Kabupaten Jepara kembali terus meningkat. Bahkan, angka kematiannya pun melebihi angka nasional.

Saat ini, jumlah orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 757. Hingga Rabu (2/6/2021) siang ini, jumlah penambahan kasus ada sebanyak 124 orang.

Ketua Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara dr Fakhrudin menyebut, data kasus covid pada Senin (6/3/2021) malam, terdeteksi 124 orang terkonfirmasi positif Covid. Sementara, tiga hari sebelumnya pernah mencapai angka 141 kasus positif dalam sehari.

Menurut dia, muncul adanya kenaikan angka kematian karena Covid-19, yang melebihi nasionak. Angka kematian nasional disebutnya sebesar 3 persen, sedangkan di Jepara sebesar 6 persen. Ironisnya, kematian di usia muda juga cukup tinggi.

“Artinya banyak kematian yang disebabkan komorbid (penyakit penyerta). Namun sekarang usia muda di bawah 40 tahun banyak yang meninggal karena covid. Lebih dalam lagi, anak-anak di bawah 20 tahun banyak terkonfirmasi Covid-19,” kata dia.

Ia menyebut, tidak hanya angka kasusnya yang cukup tinggi, tapi angka postivity rate atau angka yang menunjukkan seberapa besar orang terinfeksi virus corona di dalam sebuah populasi juga tinggi.

“Angka postivity rate di Jepara di atas 30 persen. Padahal standar WHO postivity rate di atas angka 5 persen dikatakan belum terkendali,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya berharap agar keberadaan Covid-19 perlu diwaspadai. Karena masih menjadi ancaman.

Karena virus ini penularan lewat saluran pernapasan. Kata kuncinya menurut dia, selama bisa membentengi diri, covid tidak akan menular.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...