Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bupati Tegaskan Lonjakan Kasus Covid-19 di Kudus Masih Bisa Dikendalikan

Bupati Hartopo meninjau lokasi isolasi terpusat di Asrama Akbid Kudus, Rabu (2/6/2021). (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo menegaskan lonjakan Covid-19 di Kabupaten Kudus masih bisa dikendalikan. Walau diakui, penambahan kasus hariannya masih tergolong tinggi.

“Masih biasa saja. Sampai saat ini, walau sedikit kasusnya perlahan menurun,” kata Hartopo saat meninjau lokasi isolasi terpusat di Asrama Akbid Kudus, Rabu (2/6/2021) .

Hartopo menyebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus masih terus berupaya menurunkan angka konfirmasi harian. Pasien-pasien yang kini tengah dirawat juga terus diupayakan kesembuhannya

“Pemkab terus melakukan upaya, paling tidak pekan ini harus ada penurunan kasus,” ujarnya.

Salah satunya, adalah pendirian Instalasi Gawat Darurat (IGD) darurat di RSUD Loekmono Hadi Kudus. Sehingga tidak ada pasien yang tidak dilayani dengan maksimal.

“Saat ini kami tengah menunggu datangnya tempat tidur pasien, jika sudah ada, IGD darurat dari tenda nanti akan bisa digunakan,” katanya.

Sementara untuk mengatasi membeludaknya pasien saat ini, Pemkab Kudus telah menyiapkan lokasi isolasi mandiri secara terpusat di sejumlah titik. Untuk yang mulai terisi, adalah di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kudus dan asrama Akademi Kebidanan (Akbid).

Baca: Nakes di Kudus Terpapar Covid Bertambah Jadi 189 Orang, Satu Meninggal Dunia

Pihaknya berharap masyarakat mau bersinergi dengan pemerintah daerah untuk terus mematuhi penerapan protokol kesehatan yang berlaku. Sehingga bisa menekan angka penularan Covid-19 yang kini masih masif.

“Masyarakat juga kami minta untuk tetap patuh protokol kesehatan, jangan sampai sudah divaksin tapi abai prokes,” jelasnya.

Hartopo, sebelumnya juga mengatakan jika tingginya penambahan konfirmasi harian di Kabupaten Kudus adalah konsekuensi dari tingginya tracing kontak dan skrining yang dilakukan beberapa hari ke belakang.

“Kudus ini jujur sekali dalam penelusuran kontak dan testing-nya, hingga akhirnya bertambah terus kasus konfirmasi hariannya,” jelasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...