Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Puskesmas Wedarijaksa I Pati Ditutup Setelah Delapan Nakes Terpapar, Delapan Warga Juga Positif Covid-19

Puskesmas Wedarijaksa I nampak sepi setelah dilakukan penutupan sementara. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Puskesmas Wedarijaksa I di Kabupaten Pati, mulai Rabu (2/6/2021) hari ini dilakukan penutupan hingga Sabtu (5/6/2021). Hal itu karena ada delapan tenaga kesehatan (nakes) yang terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan swab PCR.

Kepala Puskesmas Wedarijaksa I Suroso mengatakan, penutupan tersebut sebagai upaya untuk sterilisasi Puskesmas. Sebab, ada delapan nakes yang turut terpapar. Kemudian setelah dilakukan tracking, ternyata ada delapan warga yang juga terpapar.

“Kalau dari Puskesmas, ada 16 yang terpapar yang terdiri dari delapan nakes dan delapan lagi warga yang pernah berobat di Puskesmas Wedarijaksa I,” katanya, Rabu (2/6/2021).

Dia menambahkan, dari tracking yang dilakukan, kali pertama yang ditemukan terpapar justru bukan dari nakes malainkan dari warga yang mudik. Kemudian, warga tersebut memeriksakan diri ke puskesmas, sehingga nakes juga turut terpapar.

“Selain pemudik, ada juga yang sebelumnya punya hajatan. Setelah dilakukan swab PCR, ternyata keluarganya juga positif. Kalau nakes itu justru terpapar dari warga yang periksa,” jelasnya.

Baca: Tujuh Karyawan Positif Covid, Klinik Depan Puskesmas Wedarijaksa I Pati Juga Ditutup

Saat ini, 16 orang yang merupakan klaster Puskesmas Wedarijaksa I tersebut tengah menjalani isolasi mandiri. Sebagian besar di antaranya diketahui adalah orang tanpa gejala.

Sedangkan untuk pelayanan di Puskesmas Wedarijaksa I, untuk sementara waktu dialihkan di Puskesmas terdekat, yakni di Puskesmas Wedarijaksa II, Puskesmas Trangkil dan Puskesmas Pati II.

“Pelayanan kami alihkan semua. Karena mulai hari ini atas intruksi dari Gugus Tugas Kabupaten, puskesmas kami tutup sementara,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...