Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Viral Jenazah Ditemukan Masih Utuh saat Gali Makam di Bojonegoro, Ternyata Begini Faktanya

Kain kafan yang disebut jenazah di dalamnya masih utuh (Foto: Tangkapan layar)

MURIANEWS, Bojonegoro Warga Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur digegerkan dengan temuan kain kafan lengkap dengan jenazah yang masih utuh saat menggali makam di Pemakaman Umum Andongsari, Kelurahan Ledok Kulon, Kecamatan Bojonegoro.

Temuan tersebut pun diabadikan dalam bentuk video oleh salah seorang netizen. Sontak saja, video tersebut langsung menyebar dan viral di media sosial.

Dalam video yang beredar memperlihatkan para penggali makam menggali tanah dan menemukan kain kafan yang kemudian mengangkatnya.

“Iya, kejadian itu di pemakaman Ledok Kulon, Minggu (30/5/2021) sore. Kain kafannya terlihat utuh,” ujar Zaenal K, 30, salah satu warga seperti dikutip Detik.com, Selasa (1/6/2021).

Zaenal mengaku melihat langsung penggalian dan pengangkatan kain kafan tersebut. Kain kafan yang masih utuh itu ditemukan saat digali pada kedalaman sekitar sedada orang dewasa.

Penemuan yang videonya viral tersebut menurut Zaenal, berawal ada seorang warga bernama Sugeng meninggal. Juru kunci kuburan kemudian menunjuk sebuah tanah yang kosong agar digali untuk makam Sugeng.

Namun saat digali, ditemukanlah kain kafan tersebut yang kabarnya jenazahnya masih utuh dan videonya viral. Kendati demikian, Zaenal sendiri mengaku tak melihat isi dari kain kafan yang masih utuh tersebut.

“Tak ada penanda di tanah itu. Sehingga digali untuk liang lahat makam pak Sugeng,” kata Zaenal.

Sementara itu, Subakir, salah satu penggali makam membantah kabar tersebut. Subakir mengatakan tak ada jenazah di dalam kain kafan yang ditemukan. Yang utuh adalah kain kafan, bukan jenazah.

“Kain putih berisi tulang jasad, masih menyatu dan utuh. Tidak ada dagingnya atau kulit dan tidak diketahui identitasnya,” tegas Subakir.

Subakir mengatakan dirinya yang turut serta dalam penggalian dan pengangkatan kain kafan mengatakan juga ditemukan sajadah yang menutup kain kafan.

“Ditemukan sajadah juga,” kata Subakir.

Polisi juga membenarkan bahwa tak ada jenazah utuh yang ditemukan. Itu setelah polisi mengkonfirmasi keterangan warga dan penggali makam.

“Dari keterangan beberapa penggali tadi, informasinya ditemukan kain kafan yang berisi tulang yang keadaannya masih utuh atau menyatu,” Jelas Kasat Reskrim Polres Bojonegoro AKP Fran Delanta Kambaren.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...