Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jumlah Nakes Terpapar Covid-19 di Kudus Jadi 156 Orang, Bupati: Sudah Lapor Pak Menkes

Ambulans dari Rumah Sakit Wongsonegoro Semarang menjemput pasien Covid-19 dari RSUD Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Kudus yang terpapar Covid-19 menjadi 156 orang, sejak terjadinya lonjakan kasus pascalibur Lebaran beberapa waktu lalu.

Bupati Kudus HM Hartopo mengonfirmasi hal itu. “Jumlah nakesnya yang terpapar total 156 orang,” kata Hartopo, Selasa (1/6/2021).

Jumlah tersebut, lanjut Hartopo, telah dilaporkan pada Kementerian Kesehatan. Termasuk di antaranya berbagai permasalahan yang dihadapi Kudus dalam menanggulangi Covid-19.

“Sudah kami laporkan ke Pak Menkes, termasuk kaitannya dengan kapasitas rumah sakit,” ujarnya.

Hartopo menyebut, rumah sakit rujukan lini satu hingga lini tiga di Kudus, kini telah over capacity. Terutama rumah sakit lini satu, yakni Rumah Sakit Umum Daerah Loekmono (RSUD) Hadi Kudus.

“Untuk RSUD-kan tidak boleh menolak pasien, jadi terpaksa saat ini kami harus melayani pasien sampai keterisian tempat tidurnya mencapai 98 persen,” ujarnya.

Walau demikian, pihak RSUD Loekmono Hadi Kudus mendapat bantuan tenaga kesehatan sebanyak 17 orang. Jumlah tesebut terdiri dari empat dokter, dan 13 perawat untuk menangani pasien Covid-19.

Empat dokter, terdiri dari dua dokter penyakit dalam dan dua dokter spesialis paru. Sementara 13 perawat berasal dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Kepala Bidang Pelayanan RSUD Loekmono Hadi Kudus dr Mustiko Wibowo mengatakan, 17 nakes bantuan segera diterjunkan langsung setelah penyiapan ruang Bougenfil 2 sebagai ruang isolasi Covid-19 rampung dilaksanakan.

Di RSUD sendiri, ada sebanyak 25 perawat yang kini terpapar Covid-19. Sebagian besar dari mereka kini menjalani isolasi mandiri.

Para pasien Covid-19 dari rumah sakit di Kudus juga telah banyak yang dirujuk ke rumah sakit di sekitar Kudus.

Kementerian Kesehatan menunjuk sejumlah rumah sakit untuk menerima rujukan pasien Covid-19 dari Kabupaten Kudus. Di antaranya adalah RSUP dr Kariadi, RS Ken Saras dan RS Wongsonegoro yang berlokasi di Semarang. Serta Rumah Sakit Paru Ario Wirawan Salatiga.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...