Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati Jepara Ajak Rakyat Gotong Royong saat Pandemi

Bupati Jepara dan forkopimda mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Semangat gotong royong mesti terus dipupuk seluruh masyarakat supaya kesejahteraan bisa tercapai bersama. Terutama saat menjalani hidup semasa pandemi Covid-19 ini.

Ini disampaikan Bupati Jepara Dian Kristiandi usai mengikuti upacara virtual peringatan Hari Lahir Pancasila, Selasa (1/6/2021). Bupati mengajak masyarakat untuk merefleksi nilai-nlai luhur Pancasila. Sebab nilai-nilai itulah yang bisa menjadi pedoman dalam menjalani hidup dalam kondisi apapun.

“Pancasila itu ruhnya satu yakni gotong royong. Untuk itu setiap gerak langkah kita sehari-hari harus mencerminkan Pancasila,” kata Andi, di Pendapa RA Kartini Jepara.

Ia menuturkan, jika Indonesia dapat berdiri kokoh sampai sekarang karena dasarnya adalah Pancasila. Implementasi nyata cinta Tanah Air dan bangsa Indonesia adalah dengan Pancasila.

Terkait masa pandemi, ia menekankan pentingnya menjalankan prinsip gotong royong dalam menanggulangi penyebaran virus itu.

“Menanamkan nilai Pancasila di tengah pandemi Covid-19 dapat dilakukan dengan gotong royong, bersatu dan bergandengan tangan dalam melawan dan memerangi pandemi Covid-19 yang saat ini sedang kita hadapi,” lanjutnya.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila digelar di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo (Jokowi), bertindak sebagai inspektur upacara, hadir secara virtual melalui Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam amanatnya Presiden Jokowi mengajak untuk melakukan pendalaman nilai Pancasila. Tidak hanya dengan cara biasa, tapi perlu menggunakan cara yang luar biasa.

Dengan manfaatkan perkembangan Iptek terutama revolusi industri 4.0, pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan alam dan keindonesiaan.

“Saya mengajak aparat pemerintah, tokoh agama, pendidik, profesional, generasi muda, seluruh masyarakat untuk besatu, bergerak aktif memperkokoh nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan. Selamat membumikan Pancasila dalam berbangsa dan bernegara,”ungkap Presiden.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...