Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Antisipasi KIPI, Salatiga Siagakan PSC 119 dan Puluhan Petugas Medis

Ilustrasi. Petugas menyiapkan vaksin sebelum disuntikkan. (MURIANEWS)

MURIANEWS, Salatiga – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Salatiga mulai menyiagakan layanan cepat tanggap kesehatan atau Public Safety Center (PSC) 119 untuk mengantisipasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) menjelang vaksinasi Covid-19 massal yang akan digelar mulai 2-4 Juni 2021.

Penyiagaan ini dilakukan untuk mempermudah orang-orang yang mengalami KIPI untuk berkoordinasi dengan petugas. Nantinya, PSC 119 akan dilibatkan apabila terjadi KIPI yang butuh rujukan segera.

KIPI sendiri merupakan reaksi medis yang muncul setelah vaksin disuntikkan ke tubuh. Gejala KIPI bisa berkisar ringan hingga berat.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 DKK Salatiga dr Prasit Al Hakim mengatakan, puluhan tenaga medis yang dikerahkan belum termasuk PSC 119 dilibatkan bila terjadi KIPI yang segera rujukan.

“Kita menyiapkan paling tidak ada 48 petugas. Jumlah itu belum termasuk tenaga PSC 119 dilibatkan bila terjadi KIPI yang segera rujukan,” kata Prasit Al Hakim seperti dikutip RMOLJateng.com.

Sejauh ini, ungkap dia, koordinasi terakhir Nakes yang dibutuhkan sebanyak 12 Tim, 6 Puskesmas, 5 RS, dan KPM (Klinik Paru Masyarakat).

“Di RS.PAW sendiri ada dosis kedua sasaran cukup banyak sehingga kita ganti KPM,” tandasnya.

Nantinya, dalam 1 tim minimal 4 orang. Dan secara skema memakai alur 2 meja sesuai juknis yang baru.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: RMOLJateng.com

Comments
Loading...