Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Setelah Kolombia, Argentina Juga Tidak Bersedia Jadi Tuan Rumah Copa America

Copa America.(goal.com/@CopaAmerica)

MURIANEWS, Luque– Penyelenggaraan Piala Copa America 2020 yang sudah ditunda penyelenggaraannya sejak tahun lalu, kini kembali menghadapi ancaman. Pandemi covid 19 berpotensi membuat pesta sepak bola di benua Amerika Selatan ini terancam gagal dilaksanakan.

Copa Amerika 2020 merupakan penyelenggaraan yang ke-47. Sejatinya sudah harus digelar pada 2020 lalu di Kolombia dan Argentina. Selanjutnya atas keputusan Conmebol (Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan), pelaksanaanya ditunda pada Juni 2021 ini.

Namun dalam perkembangan terkini, Kolombia yang saat ini tengah menghadapi ancaman krisis sosial di negaranya menyatakan mengundurkan diri. Pemerintah Kolombia menyatakan tidak bisa menjadi tuan rumah, mengingat situasi yang terjadi di dalam negerinya.

Praktis, harapan untuk tuan rumah akhirnya berada di Argentina. Namun, Pemerintah Argentina juga menyatakan tidak bersedia menjadi tuan rumah. Intensifnya penularan Covid 19 di Argentina yang saat ini masih terjadi, menjadi alasan penolakan tersebut.

‘Penolakan’ Argentina untuk menjadi tuan rumah Copa Amerika sudah diumumkan secara resmi oleh Conmebol, Minggu (30/5/2021). Melalui twitter resminya, Conmebol menyatakan Argentina dipastikan tidak bisa menjadi tuan rumah gelaran Copa America 2020.

“Conmebol menginformasikan bahwa mengingat keadaan saat ini, kami telah memutuskan untuk menangguhkan penyelenggaraan Copa América di Argentina,” demikian bunyi pernyataan di akun resmi Twitter Conmebol.

Pengumuman yang disampaikan oleh Conmebol tersebut muncul setelah sepuluh hari sejak Kolombia, yang tenggelam dalam konflik sosial selama lebih dari sebulan, dipastikan tidak bisa menggelar turnmen sepak antar negara di Amerika Latin ini. Usulan untuk menunda sampai akhir tahun yang disampaikan Kolombia, tidak diterima Conmebol.

Conmebol selanjutnta masih mencari opsi lain untuk tetap menyelamatkan Piala Copa America 2020 ini. Mereka sudah megelompokan 10 federasi sepak bola dari negara-negara di Amerika Latih, untuk kemungkinan menjadi tuan rumah bersama.

Conmebol juga menyampaikan tawaran kepada federasi yang bersedia menjadi tuan rumah Copa America. Namun demikian, belum ada keputusan lebih lanjut mengenai hal ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan, Piala Copa America 2020 bisa saja ditiadakan mengingat situasi yang terjadi saat ini. Senin pekan depan, Conmebol masih akan membicarakannya dan menentukan opsi terakhir yang akan dilakukan.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: mundodevortivo.com

Comments
Loading...