Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

RSUD Kudus Diberi Bantuan Empat Dokter dan 13 Perawat untuk Tangani Pasien Covid-19

Suasana IGD RSUD Loekmono Hadi Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus mendapat bantuan tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 17 orang. Jumlah tesebut terdiri dari empat dokter dan 13 perawat untuk menangani pasien Covid-19.

Empat dokter, terdiri dari dua dokter penyakit dalam dan dua dokter spesialis paru. Sementara 13 perawat berasal dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Sebanyak 17 nakes tersebut pun akan segera diterjunkan langsung setelah penyiapan ruang Bougenfil 2 sebagai ruang isolasi Covid-19 rampung dilaksanakan.

Pihak rumah sakit sendiri, kini masih mentransfer pasien dari ruangan tersebut ke ruangan lainnya.

“Karena saat ini masih tersisa dua orang pasien umum, maka harus kami transfer ke ruang lain dulu, kemudian menyiapkannya sebagai ruang isolasi Covid-19,” ucap Kepala Bidang Pelayanan RSUD Loekmono Hadi Kudus, dr Mustiko Wibowo, Senin (31/5/2021).

Sampai saat ini, RSUD Kudus memiliki kapasitas tempat tidur isolasi sebanyak 138 buah. Apabila Bougenfil 2 bisa segera dibuka, maka akan bisa bertambah sebanyak 32 tempat tidur.

“Sehingga total jumlah tempat yang bisa dimaksimalkan ada sebanyak 170 tempat tidur,” jelas dia.

Baca: Duh! 42 Nakes di Cilacap Positif Covid-19 Usai Rawat ABK dari India

Kepala Bidang Keperawatan RSUD Loekmono Hadi Kudus Edi Susanto mengatakan, adanya relawan dari PPNI tentu sangat membantu tenaga keperawatan.

“Ditambah dengan relawan nanti tentu akan mencukupi kebutuhan nakes di Bougenfil 2 nanti,” ungkapnya,

Di RSUD sendiri, ada sebanyak 25 perawat yang kini terpapar Covid-19. Sebagian besar dari mereka kini menjalani isolasi mandiri.

“Memang ada yang dirawat, baik perawat junior maupun senior, totalnya enam orang,” kata dia.

Walau demikian pihaknya memastikan pemenuhan vitamin para perawat di RSUD Kudus terjaga. Hanya saja, pihaknya juga berharap ada bantuan APD maupun peralatan lainnya untuk menunjang kerja dari para tenaga kesehatan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...