Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

140-an Nakes Positif Covid Termasuk Ketua IDI, Menkes Beri Pesan Khusus untuk Warga Kudus

Menkes Budi Gunadi Sadikin memberi pesan khusus terhadap penangana corona di Kudus. (MURIANEWS/Tangkapan layar video)

MURIANEWS, Kudus – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memberi perhatian khusus terhadap lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus. Menkes bahkan memberikan pesan khusus melalui rekaman video.

Keprihatinanya disamapaikan lantaran lonjakan kasus yang cukup tinggi. Terlebih, sudah ada sekitar 140 tenaga kesehatan (nakes) yang ikut terpapar Covid-19, termasuk Ketua IDI Kudus dr Ahmad Syaifuddin.

“Karena mereka harus melayani masyarakat yang masuk ke rumah sakit,” ucap Bambang dalam video imbauannya untuk Kabupaten Kudus.

Kabupaten Kudus sendiri, lanjut Bambang, juga memiliki banyak sekali kasus kematian akibat Covid-19. Karena dimungkinkan banyak pasien yang memiliki penyakit penyerta dan semakin diperparah dengan Covid-19 ini.

Oleh karena itu, sambungnya, semua elemen masyarakat di Kabupaten Kudus diminta untuk tetap patuh dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Seperti rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan terus memakai masker.

Bambang meyakini, apabila masyarakat disiplin akan penerapan protokol kesehatan, maka semua pihak bisa terlindungi dari paparan Covid-19.

“Tak hanya diri sendiri saja, tapi bisa melindungi keluarga terdekat, tetangga yang ada, dan bisa melindungi semua masyarakat di Kudus,” ujarnya.

Sementara para pemangku kebijakan di Kudus, sambungnya, diharapkan bisa memastikan masyarakatnya tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pak Bupati, Pak Dandim dan Pak Kapolres, mari bersama-sama menjaga, mengedukasi, dan memastikan, masyarakat kita bisa mengerti pentingnya protokol kesehatan,” terangnya.

Terakhir, Bambang berpesan agar Pemkab Kudus bisa mempercepat vaksinasi pada lansia. Mengingat golongan tersebut sangat rentan terpapar Covid-19. “Kalau sudah masuk sakit, kemungkinan masuk ICU dan persentase kematiannya sangat tinggi,” jelasnya.

Baca: 142 Nakes di Kudus Terpapar Covid-19 Selama Lonjakan Kasus Pascalebaran

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 142 tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19 di Kabupaten Kudus terpapar Covid-19 selama lonjakan kasus pasca libur Lebaran beberapa waktu lalu.

Sementara hingga Minggu, (30/5/2021) malam, kasus aktif mencapai 1.198 baik yang menjalani perawatan di rumah sakit maupun isolasi mandiri. Sementara total kasus corona di Kudus tercatat 7.458 kasus.

Dengan rincian jumlah pasien sembuh ada sebanyak 5.644 orang, dan pasien meninggal ada sebanyak 616 orang.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...