Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Konter HP di Ngijo Karanganyar Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

Anggota Damkar Karanganyar dibantu sukarelawan dan warga sekitar berupaya memadamkan api yang melalap counter dan service handphone di Desa Nglano, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Minggu (30/5/2021) pukul 20.30 WIB. (Istimewa/Dokumentasi Damkar Karanganyar)

MURIANEWS, Karanganyar — Musibah kebakaran menimpa sebuah konter dan service handphone (HP) di Desa Ngijo RT 2/RW 5, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Minggu (30/5/ 2021) malam.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu, namun pemilik konter HP di Karanganyar ini diperkirakan merugi hingga Rp 250 juta karena sejumlah HP baru maupun lawas ikut terbakar.

Dikutip Solopos.com, api melalap konter dan service handphone “27 PC” saat konter tersebut tutup. Tidak ada orang di dalam konter tersebut.

Kasubbag Humas Polres Karanganyar, Iptu Agung Purwoko menyampaikan kebakaran kali pertama diketahui warga Dukuh Kaling, RT 3/RW 3, Desa Kaling, Kecamatan Tasikmadu, Sunaryo.

Saat itu, Sunaryo sedang berada di belakang konter HP. Dia mendengar suara ledakan. Lalu dia ke depan, melihat api berkobar dari bagian depan, pojok kiri di bangunan konter.

Melihat hal itu, dia lantas berteriak minta tolong,” ujar Agung saat dihubungi Solopos.com, Senin (31/5/2021).

Setelah mendengar teriakan tersebut, warga setempat berhamburan. Mereka berupaya memadamkan api yang melahap konter HP di Karanganyar tersebut. Agung menyampaikan petugas pemadam kebakaran (damkar) sampai ke lokasi kejadian 15 menit kemudian.

“Api berhasil dipadamkan setelah 45 menit. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Polisi sudah melakukan olah tempat kejadian perkara. Kerugian material ditaksir mencapai Rp 250 juta,” tutur dia.

Kerugian ratusan juga rupiah itu diderita pemilik konter karena bangunan ukuran 7 meter x 11 meter tersebut ludes dilalap api.

Di dalam bangunan konter HP di Karanganyar ini terdapat tujuh unit laptop, dua unit personal computer (PC), dan dua berkas sertifikat rumah. Selain itu, ada empat berkas BPKB sepeda motor Honda Tiger, dua berkas Honda C70, dan Honda Supra Fit.

Api juga menghanguskan handphone baru maupun milik pelanggan yang sedang diperbaiki, voucher, dan spare part di konter HP di Karanganyar tersebut.

“Untuk kerugian handphone, voucher, dan spare part sedang dihitung. Bangunan dinding tembok, atap dari asbes, usuk dari kayu, empat unit pintu dari kayu. Jadi material yang mudah terbakar. Dugaan awal kebakaran terjadi karena hubungan pendek arus listrik dari KWH meter,” jelas dia.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karanganyar, Renggo Buono, menyampaikan tim damkar dibantu sukarelawan datang ke konter HP itu dalam waktu lima menit setelah menerima laporan.

“Pukul 21.30 WIB api berhasil dipadamkan. Selain Damkar, kami juga melibatkan BPBD Karanganyar, SAR Karanganyar, PMI Karanganyar, Polsek Tasikmadu, Koramil Tasikmadu, Satpol PP Karanganyar, dan sukarelawan setempat,” kata Renggo.

Unit Damkar Karanganyar menggunakan dua unit damkar, satu unit Kijang Rescue, dan satu unit tangki BPBD.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...