Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hampir Semua Puskesmas di Jepara Ada Nakes Positif Covid-19

Nakes di Jepara sedang memeriksa pasien di Puskesmas. (Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Kasus demi kasus baru Covid-19 di Kabupaten Jepara terus bermunculan. Bahkan hampir semua Puskesmas dan rumah sakit di kabupaten ini tercatat ada tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar corona.

“Kalau nakes semua rumah sakit, Puskesmas ada (positif Covid-19, red),” kata Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Muh Ali, Senin (31/5/2021) pagi.

Disebutkan, salah satu Puskesmas yang terdapat nakes terkonfirmasi positif Covid-19, adalah Puskesmas Welahan II. Nakes tersebut bertugas di Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED). Yang biasanya menangani proses persalinan.

Kendati demikian, lanjut Muh Ali, pelayanan kesehatan yang menangani pasien umum lainnya masih berjalan. Untuk pelayanan persalinan, pasien yang ingin melahirkan dialihkan ke Puskesmas Welahan I.

“(Yang terkonfirmasi positif Covid-19, red) Itu untuk pelayanan Ponednya. Pelayanan pasien umum masih berjalan. Persalinan kan, bisa direncanakan, itu dikerja samakan dengan Puskesmas Welahan I. Yang pelayanan lain masih dimaksimalkan,” ucap Ali.

Ia menyebut, sampai saat ini belum ada tambahan nakes Puskesmas Welahan II yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara itu, orang-orang yang sempat kontak erat akan diswab. Sambil menunggu hasilnya, mereka diminta menjalani isolasi mandiri.

“Nanti kalau pelayanan enggak bagus kan, nanti kita alihkan saja. Kurang lebih ada sepuluhan (nakes terkonfirmasi positif Covid-19, red) tersebar di berbagai Puskesmas dan rumah sakit,” ujar dia.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...